Sertifikasi UKW Anggota PWI Depok Capai 95 Persen Tertinggi Se Jabar

by Redaksi
0 Komentar 124 Pembaca

Swara Pendidikan (Depok) – Rapat  Kerja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok yang mengangkat tema “We Are Professional Journalist’s” di Villa Sariater, Lembang, Bandung, Jawa Barat. (8-9/12/23).

Raker tersebut, selain membahas evaluasi kinerja kepengurusan tahun sebelumnya, juga membahas program tahun 2024 mendatang. Diantaranya penguatan internal dan memperluas kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak termasuk lembaga vertikal dan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Depok. Kemudian yang juga menjadi konsen adalah Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan Keorganisasian dan kewartawanan (OKK) bagi calon anggota PWI Depok.

“Prinsipnya, ada 3 program yang menjadi konsen, diantaranya penguatan lembaga, pendidikan UKW dan OKK, membangun kemitraan serta peningkatan kesejahteraan anggota. Ketiga hal itu menjadi dasar program yang tentunya bila dilakukan dengan maksimal akan berimbas pada penguatan PWI Kota Depok secara lembaga,” papar Ketua PWI Kota Depok.

Rusdy menambahkan, di tahun 2024 ini, bukan hanya menghadapi tahun politik, tetapi PWI Kota Depok pun harus mempersiapkan konferensi sebagai ajang pemilihan ketua baru.

“Jadi, mari kita sama-sama tunjukkan bahwa PWI Kota Depok adalah lembaga yang memang patut diperhitungkan. Disamping itu juga untuk tetap menjaga marwah lembaga,” tandasnya.

Menurutnya, lanjut Rusdy, yang sangat dibutuhkan adalah kekompakan dan soliditas segenap anggota PWI Kota Depok.

Acara raker ini juga diselingi dengan penyerahan kartu dan sertifikat UKW dari Ketua PWI Kota Depok Rusdy Nurdiansyah kepada anggota PWI Depok yang lulus UKW serta penandatanganan pakta integritas sebagai wujud komitmen untuk profesional baik sebagai anggota organisasi profesi dan wartawan.

“Selamat bagi yang lulus UKW (uji kompetensi wartawan), dan yang belum berhasil agar tidak patah semangat. Bagi yang belum UKW agar mempersiapkan diri untuk mengikuti UKW,” ujar Rusdy.

Ketua PWI Depok menyebut bahwa keikutsertaan anggota PWI Kota Depok dalam UKW PWI, juga berdampak positif bagi organisasi. Hal ini juga pertegas oleh Ketua Bidang Organisasi PWI Depok, Windarto.

Dia menyebut, jumlah anggota PWI Depok terus meningkat, mencapai 61 anggota. Dimana anggota PWI Depok 95 persen telah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), dengan rincian jenjang UKW Muda 15 orang, Jenjang Madya 15 orang, dan Jenjang utama 10 orang.

“Jumlah pemegang kartu biasa PWI Depok total 32 orang, lebih banyak dari kepengurusan sebelumnya yang hanya 17 orang, dan jumlah anggota PWI Depok menduduki posisi teratas se Jawa Barat secara kualitas,”  ujar Windarto.

Sementara itu, Ketua Panitia Raker, Bambang Banguntopo menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan dari berbagai pihak, termasuk Anggota Komisi IX DPR RI Wenny Haryanto, bank BJB, PLN, PT.Tirta Asasta PDAM Depok, Margo City, Hotel Bumi Wiyata, PT.Wings, Kedai Leker, Koni Kota Depok, BNI, Baznas Kota Depok, Fave hotel, Canon biliar, dan lainnya. Diakhir  acara di tutup dengan  pembagian doorprize. (gus)

Baca juga

Tinggalkan Komentar