Sembelih Hewan Qurban, Kepala SMP NEGERI 2 Depok: Siswa Belajar Maknai Idul Adha

by Redaksi
0 Komentar 104 Pembaca

Foto. Kepala SMP Negeri 2 Depok, Sumarno sebelum prosesi penyembelihan hewan Qurban.

Swara Pendidikan (Pancoranmas Depok) – Rayakan Idul Adha 1445 Hijriyah, Keluarga besar SMP Negeri 2 Depok sudah rutin melaksanakan prosesi penyembelihan Hewan Qurban setiap tahunnya. Hal ini disampaikan Kepala SMP Negeri 2 Depok, Sumarno kepada media Swara Pendidikan saat berlangsungnya pemotongan 3 ekor Sapi dan 6 ekor kambing di halaman sekolah pada Selasa, 18 Juni 2024.

“Penyembelihan hewan qurban di sekolah memiliki beberapa makna penting, baik dari sisi agama maupun pendidikan,” kata Sumarno.  Pertama, untuk pembelajaran Agama, Penyembelihan hewan qurban adalah bagian dari ibadah dalam agama Islam yang mengingatkan umat Muslim tentang kisah Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya, Nabi Ismail, sebagai tanda ketaatan kepada Allah.

“Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk memahami dan mengalami secara langsung nilai-nilai keimanan dan ketaatan,” ujarnya.

Kedua, sambung Sumarno, Qurban mengajarkan nilai-nilai sosial dan kemanusiaan, seperti kepedulian terhadap sesama, terutama terhadap mereka yang kurang mampu.

“Daging qurban biasanya kami dbagikan kepada yang membutuhkan, baik itu guru, siswa, dan masyarakat sekitar sekolah,” terangnya.

Hal ketiga, yang tak kalah penting  menurut Sumarno,  siswa dapat belajar tentang prosedur penyembelihan yang sesuai dengan syariat Islam, termasuk tata cara yang higienis dan etis..

“Alhamdulillah hari ini, kegiatan qurban di SMPN 2 Depok bisa dilaksanakan dengan penuh kebersamaan,” ucapnya

Dia berharap senantiasa terjalin kerjasama dan partisipasi berbagai pihak, mulai dari guru, siswa, hingga orang tua.

“Semoga nilai-nilai seperti kejujuran, ketulusan, dan keikhlasan yang terkandung dalam ibadah qurban dapat tertanam pada jiwa siswa. Melaksanakan ibadah dengan penuh keikhlasan dan tanpa pamrih,” harap Sumarno. (Harlis)

Baca juga

Tinggalkan Komentar