ADVERTISEMENT
  • BERITA UTAMA
    • NASIONAL
    • Internasional
    • KABAR DAERAH
    • MEGAPOLITAN
  • KABAR SEKOLAH
    • SMA
    • SMK
    • MA
    • SMP
    • MTS
    • SD
    • MI/DINIYAH
    • PAUD/TK
  • PROFIL SEKOLAH
    • SMK
    • SMA
    • MA
    • SMP
    • MTS
    • SD
    • TK/PAUD
    • MI/DINIYAH
  • MENULIS
    • Artikel Guru
    • Artikel Dosen/Mahasiswa
    • Opini
  • TIPS EDU
  • EDU INFO
    • Klik Pendidikan
    • Info Pendidikan
    • Info Guru
  • RUANG SASTRA
    • Cerpen
    • Puisi
  • ULASAN BUKU
    • BAHAN AJAR
    • BUKU UMUM
  • INSPIRASI PENDIDIKAN
  • JEJAK PRESTASI
Swara Pendidikan
  • Login
Thursday, November 20, 2025
No Result
View All Result
No Result
View All Result
Swara Pendidikan
No Result
View All Result
ADVERTISEMENT

SEKOLAH BAHAGIA (Strategi Homeroom Guidance Teacher)

by SWARA PENDIDIKAN
30 December 2024
in TIPS EDU
0
SEKOLAH BAHAGIA (Strategi Homeroom Guidance Teacher)
          
TITIN SUPRIATIN, M.Pd

[blockquote align=”none” author=””]Menurut Ki Hajar Dewantara, sekolah yang baik adalah sekolah yang menuntun kodrat anak agar mereka dapat mencapai kebahagiaan dan keselamatan. Ki Hajar Dewantara juga berpendapat bahwa pendidikan harus seimbang antara cipta, rasa, dan karsa.[/blockquote]

Pendampingan dan pembinaan bagi guru sangat penting untuk terciptanya iklim sekolah yang sesuai dengan ciri-ciri sekolah yang dicita-citakan. Terdapat empat ciri utama dari cita-cita sekolah yang berkualitas yaitu pembelajaran yang berpusat pada murid, pendidik yang reflektif, gemar belajar dan berkolaborasi, iklim sekolah yang inklusif, aman dan merayakan kebhinekaan serta kepemimpinan untuk perbaikan layanan berkelanjutan. Jika semua ciri tersebut dapat diimplementasikan maka tujuan menuju sekolah yang dicita-citakan dapat tercapai.

Adanya kegiatan observasi dan refleksi secara rutin yang dilakukan oleh kepala sekolah menjadi tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Salah satu tugas dari kepala sekolah adalah melakukan pengawasan (controlling) sebagai bahan evaluasi terlaksananya program sekolah.

Berdasarkan hasil observasi masih ditemukan sebuah kondisi di mana pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru belum sepenuhnya interaktif dan menyenangkan.. Masih ditemukan pembelajaran yang belum berpusat pada murid, pembelajaran masih bersifat konvensional, minimnya penggunaan metode dan media pembelajaran. Tentunya hal ini berdampak pada semangat siswa dalam belajar.

BACA JUGA

Pelatihan Literasi, Kepala SDN Citayam 01 Dorong Guru Aktif Menulis

MAN 1 Jepara Terapkan Model Pembelajaran Out of The Box untuk Cetak Siswa Unggul

31 SDN di Sukmajaya Luncurkan Program SERAMIJEL, Kumpulkan 3.660 Liter Minyak Jelantah

SDN Mekarjaya 21 Kenalkan Proses Pembuatan Tempe Lewat Kegiatan Kokurikuler

Strategi Homeroom Guidance Teacher adalah strategi yang digunakan untuk memberikan pendampingan kepada rekan guru dalam mensolusikan permasalahan dalam pembelajarannya. Strategi ini dipilih sebagai upaya pendekatan pendampingan tutor teman sebaya, dengan pertimbangan keterbukaan sesama guru dalam mengungkapkan permasalahan pembelajaran akan lebih terbuka jika dengan rekan sejawat, sehingga diharapkan komunikasi lebih efektif , membangun dan solutif..

Alur dari Strategi Homeroom Guidance Teacher yang dilakukan digambarkan sebagai berikut :

 

Penerapan strategi Homeroom Guidance Teacher menjadi salah satu solusi dalam permasalahan pembelajaran. Faktor keberhasilan terletak pada kemampuan guru yang cepat belajar dan mau melakukan perubahan. Guru menerima pendampingan dan pembinaan yang diberikan oleh kepala sekolah, sehingga guru mampu menyajikan pembelajaran yang menyenangkan dengan penggunaan media atau sumber belajar yang sesuai yang mendorong pembelajaran aktif interaktif dan menyenangkan.

Sekolah Bahagia adalah cita-cita bersama. Diperlukan sinergitas dari semua pihak, baik dari warga sekolah, masyarakat dan pemerintah tentunya. Kebahagiaan merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi. Sekolah tidak boleh abai dengan hanya mementingkan ketuntasan kurikulum (paradigma lama). Aspek afektif adalah aspek dasar dalam peta jalan menuju kebahagiaan. Dalam proses aktualisasi diri, siswa dan guru harus memiliki rasa kenyamanan dan kasih sayang agar semua potensi yang dimiliki teraktualisasi.

Mari menuju sekolah bahagia, menuju ke sekolah yang dicita-citakan bersama. **


Penulis: Titin Supriatin, M.Pd (Kepala SDN Cipayung 2)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.
Jumlah Pembaca: 113

BeritaTerkait

Pelatihan Literasi, Kepala SDN Citayam 01 Dorong Guru Aktif Menulis
TIPS EDU

Pelatihan Literasi, Kepala SDN Citayam 01 Dorong Guru Aktif Menulis

by SWARA PENDIDIKAN
12 November 2025
0
0

Swara Pendidikan (Cipayung, Depok) – SDN Citayam 01 mengadakan pelatihan...

Read more
MAN 1 Jepara Terapkan Model Pembelajaran Out of The Box untuk Cetak Siswa Unggul

MAN 1 Jepara Terapkan Model Pembelajaran Out of The Box untuk Cetak Siswa Unggul

8 November 2025
0
31 SDN di Sukmajaya Luncurkan Program SERAMIJEL, Kumpulkan 3.660 Liter Minyak Jelantah

31 SDN di Sukmajaya Luncurkan Program SERAMIJEL, Kumpulkan 3.660 Liter Minyak Jelantah

30 October 2025
0

SDN Mekarjaya 21 Kenalkan Proses Pembuatan Tempe Lewat Kegiatan Kokurikuler

29 October 2025
0

Belajar Matematika Jadi Seru, SDN Limo 3 Hadirkan Pasar Numerasi “Dari Angka Jadi Makna”

28 October 2025
0

SDN Cinangka 05 Luncurkan Program “Cinolita” untuk Kurangi Sampah Plastik

27 October 2025
0
Next Post
“SEKOLAH BAHAGIA”

"SEKOLAH BAHAGIA"

ADVERTISEMENT
https://datapers.dewanpers.or.id/media/certificate

2025 © swarapendidikan.co.id

TENTANG KAMI

  • Disclaimer
  • KODE ETIK JURNALIS SWARA PENDIDIKAN
  • KODE ETIK JURNALISTIK
  • KONTAK IKLAN
  • LOKER / MAGANG
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Swara Pembaca
  • swarapendidikan.co.id
  • Tentang Kami

Follow Us

No Result
View All Result
  • Disclaimer
  • KODE ETIK JURNALIS SWARA PENDIDIKAN
  • KODE ETIK JURNALISTIK
    • KODE ETIK JURNALISTIK
  • KONTAK IKLAN
  • LOKER / MAGANG
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Swara Pembaca
  • swarapendidikan.co.id
  • Tentang Kami

2025 © swarapendidikan.co.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In