SDN Pakansari 4 Cibinong, dari Sekolah Kebun Menjadi Sekolah Penggerak

by Redaksi
0 Komentar 254 Pembaca

Swara Pendidikan (Cibinong, Bogor) – SD Negeri  Pakansari 4 terletak di Kp. Cikempong, kelurahan Pakansari, kecamatan Cibinong merupakan salah satu Sekolah Penggerak yang terisolasi dari keramaian.

Keberadaannya tidak jauh pusat keramaian. Dari sektor Selatan Stadion Pakansari sekitar 400 meter dan lokasinya persis dibelakang salah salah satu perumahan. Akses Jalan harus melipir samping pagar tembok  perumahan.  Walau bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda 4 namun kondisi jalan masih rusak.

“SDN Pakansari 4 hanya berada dilingkungan 1 Rukun Tetangga (RT), tidak ada perkampungan lagi selain  hamparan kebun, Adapun depan kita hanya pagar pembatas Perumahan,” kata Salah satu Guru, Mega Kurniawati, S,Pd  mewakili Kepala Sekolah yang tengah berhalangan saat ditemui Swara Pendidikan. Jum’at (13/10/23)

Mega mengatakan, Penduduk yang berdomisili di lingkungan ini hanya 1 Rukun Tetangga (RT) dan yang Sekolah pun anak-anak sini. “Wajar jumlah yang Sekolah disini hanya 93 siswa.” ujarnya

Berbagai macam upaya kami lakukan, sambung Mega, untuk promosi sekolah, kami mengadakan bebagai kegiatan-kegiatan agar sekolah lebih dikenal. Puncaknya tahun 2021, SDN Pakansari 4 diajukan jadi Sekolah Penggerak oleh Kepala Sekolah.

“Semangat dan motivasi merubah keadaan oleh Kepala Sekolah. Dari mulai memperbaiki sarana dan prasarana, dari sekolah biasa menjadi Sekolah penggerak, akhirnya meningkat Sumber Daya manusia (SDM), berdampak pada peningkatan kualitas guru dan mutu pendidikan.  Alhamdulillah hasilnya selain prestasi, tahun ini ada peningkatan PPDB dapat 23 siswa baru,” paparnya

Mega berharap Sekolah ini terus berkembang, guru-guru tetap semangat, walaupun masa jadi sekolah penggerak sudah mau berakhir, karena perjanjian kontrak sekolah penggerak hanya 3 tahun.

“Semoga sinergi yang dibangun dengan pihak-pihak terkait dapat tercapai visi dan misi pendidikan,” harapnya

Perlu diketahui, Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap .

Dalam hal ini, Kepala SDN Pakansari 4. Hera Prastari, M.Pd  dilansir dari kanal Youtubenya. Hal yang pertama dilakukan pada saat ditugaskan tahun 2019, bagaimana caranya merubah keadaan Sekolah yang terkesan kumuh dan kurang tertata menjadi lebih baik.

“Saya ajukan proposal-proposal  ke Pemda. Saya follow up terus ke Disdik, Alhamdulillah  tahun 2020 di ACC dan sekolah sudah dipagar,  lapangan upacara yang tadinya tanah sudah  di konblok” ungkapnya.

Tahun 2021, Hera mengajukan Sekolah penggerak dengan tujuan meningkatnya kualitas pembelajaran dan hasil belajar murid, juga memperbaiki kualitas dan kompetensi guru.

“Akhirnya terasa ada perubahan signifikan yang terjadi di sekolah, dan dapat dirasakan hasilnya dengan sarana dan prasarana yang diberikan pemerintah,” tungkasnya. (NJ)

Baca juga

Tinggalkan Komentar