
SWARA PENDIDIKAN (CIPAYUNG, DEPOK) – Rabu, 21 Desember 2022 SDN Cipayung 2 mengadakan kegiatan Market Day dengan tema “Cerdas Menangkap Peluang”. Kegiatan ini menanamkan jiwa kewirausahaan anak sejak dini. Dimana anak anak belajar berwirausaha dengan strategi masing -masing.
Kegiatan ini merupakan pengimplemantasikan model pembelajaran Projeck Based Learning (PBL) Pada tema lima “Kewirausahaan” kelas 6. Model pembelajaran ini mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan sehingga menghasilkan produk nyata dan memasarkan produknya kepada teman, guru dan orang tua.
Beragam makanan, minuman dan hasil karya dijual. Menu makanan berbahan dasar yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar seperti singkong, ubi, jagung, pisang dan lain-lain. Akan tetapi diolah menjadi makanan kekinian yang menarik dan disukai. Serta tetap mengedepankan makanan sehat tanpa bahan pengawet, pewarna dan pemanis buatan.
Kegiatan Market day ini merupakan sebuah projek dalam pembelajaran tema 5 “Kewirausahaan”. Langkah pertama siswa secara kelompok membuat poster produk yang akan mereka jual dengan gambar dan kata-kata yang menarik. Kemudian siswa membuat pamflet yang akan disebarkan kepada kelas 1 sampai kelas 5 dan wali murid untuk sosialisasi kegiatan Market day ini. Pada tanggal 21 Desember digelar kegiatan Market day kelas 6 . Yang terdiri dari 17 kelompok masing -masing kelompok menjual produk yang berbeda. Masing-masing stand dihias semenarik mungkin dengan kreasi setiap kelompok.
Kegiatan ini dibuka pukul 08.00. produk yang dijual adalah hasil kerajinan siswa, bola-bola jagung, singsuke, nyabu ( nyate buah), pisang coklat mini,es lumut coklat, bakpao, piang nugget, es krim rujak, risoles mercon, keroket kentang, capucino cincau, banana quin, squash drink, ubi pocong dan lain -lain. Antusias pembeli sangat tinggi terbukti hanya dalam waktu kurang dari 30 menit semua jualan langsung laku terjual. Setelah jual beli selesai siswa membuat laporan kegiatan. Berapa modal yang dibutuhkan? Berapa hasil yang didapat serta menuliskan kesan terhadap kegiatan ini.
Perwujudan sikap mandiri, kretifitas, gotong royong tercermin dalam kegiatan ini. Sesuai dengan tema “Cerdas Menangkap Peluang”. Dalam proses jual beli sampai laporan perolehan hasil siswa dibebaskan untuk memilih produk yang akan dijual. Kecerdasan siswa dalam menangkap peluang mulai dari produk apa yang disenangi oleh pembeli, nama produk yang menarik, kemasan, rasa, serta promosi yang menarik.
Tujuan dari kegiatanMarket day ini adalah menamkan jiwa kewirausahan, tanggung jawa, pekerja keras,pantang menyerah, bersosialisasi dan gotong royong kepada siswa sebagai bekal nanti saat terjun ke Masyarakat. (Abdul Hadi)