Swara Pendidikan (Sawangan, Depok) – Kondisi bangunan SDN Cinangka 04, Sawangan, kini sangat memprihatinkan. Sejumlah plafon ruang sekolah mengalami kerusakan parah, bahkan ada yang sudah ambruk dan berpotensi membahayakan warga sekolah.
Pantauan di lapangan, plafon berbahan internit tampak berlubang karena tidak menempel dengan baik pada rangka kayu. Sedikitnya ada empat titik kerusakan, termasuk di ruang kepala sekolah.
Kepala SDN Cinangka 04, Andi Priyanto, saat ditemui awak Swara Pendidikan pada Senin (29/9/2025), menuturkan bahwa kerusakan paling serius terjadi di ruang kerjanya. Salah satu plafon bahkan sudah ambruk dan sempat menimpa dirinya.
“Waktu plafon jatuh, serpihannya mengenai kepala saya. Untung saat itu saya memakai topi sehingga tidak sampai luka. Saat ini plafon di bagian depan ruang kepala sekolah juga sudah cembung dan terancam ambruk,” terangnya.
Andi mengungkapkan, pihak sekolah sudah berulang kali mengajukan usulan rehabilitasi kepada Pemerintah Kota Depok sejak April 2025. Proposal sudah disampaikan hingga tiga kali dan bahkan melalui pertemuan langsung, namun hingga kini belum ada tindak lanjut.
“Kami berharap dinas terkait di Pemkot Depok segera memperbaiki bangunan SDN Cinangka 04 karena kerusakannya sudah cukup banyak,” harapnya.
Selain kerusakan plafon, fasilitas sanitasi di sekolah ini juga jauh dari kata ideal. Dari total 330 siswa, hanya tersedia tiga toilet siswa. Artinya, satu WC digunakan oleh sekitar 110 anak. Padahal, standar idealnya satu WC diperuntukkan bagi maksimal 20 siswa.
“Jalan menuju toilet di belakang pun sudah berlubang. Kalau tidak segera diperbaiki, lubangnya bisa melebar karena di bawahnya ada saluran air, dan itu sangat membahayakan,” imbuh Andi.
Pihak sekolah menekankan perlunya perhatian serius dari pemerintah untuk segera melakukan perbaikan menyeluruh, baik pada bagian plafon maupun sarana sanitasi.
“Kami ingin bangunan SDN Cinangka 04 lebih kokoh, plafonnya tidak membahayakan, dan fasilitas WC ditambah agar siswa bisa belajar dengan nyaman,” pungkasnya. (Dib)




