SDI Binakheir School, Bangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler

by Redaksi
0 Komentar 212 Pembaca

Swara Pendidikan (Depok) – Ekskul atau ekstrakurikuler merupakan salah satu perangkat operasional  kurikulum, yang disusun dan dituangkan dalam rencana kerja tahunan/kalender pendidikan satuan  pendidikan. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kurikulum standar sebagai perluasan dari kegiatan kurikulum dan dilakukan di bawah bimbingan sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, minat, dan kemampuan peserta didik yang lebih luas atau di luar minat yang dikembangkan oleh kurikulum.

Tidak hanya sekedar menyenangkan, tapi juga bermanfaat untuk siswa didik dalam hal tumbuh kembang minat dan bakatnya. Plus dapat dijadikan sebagai wahana untuk melatih kemampuan sosial pesertanya.

Sebagai contoh program ekstrakurikuler SDI Binakheir School yang beralamat di Jalan Raden Saleh Studio Alam TVRI Blok KUD, Jl. Setu Baru, Sukmajaya.

Demikian disampaikan Kepala SDI Binakheir School, Yayuk Sulistiorini, S.Pd kepada Swara Pendidikan melalui keterangan tertulisnya.

Kegiatan ekstrakurikuler SDI Binakheir School

Guna mendukung program pengembangan diri, papar Yayuk, SD Islam Binakheir School menyediakan beberapa kegiatan seperti unit aktivitas (UA) yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas 1-5 dan ekstra kurikuler.

Kegiatan unit aktivitas meliputi: menari, flanel, meronce, menggambar, kokoru, futsal, tahfizh,  badminton, komputer, teater, handcraft, karate, vokal, pianika, fun Science, memanah, taekwondo, berenang, Cooking, dan Coding.

“Melalui ekskul ini, anak-anak bebas untuk memilih sesuai dengan minat dan bakatnya,” ujar Yayuk.

Nah, lanjut Yayuk, untuk memacu semangat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler ini, SDI Binakheir School biasanya menampilkan sebuah pertunjukan berupa pentas seni (PENSI). Dimana pensi ini ditampilkan seluruh kegiatan kegiatan ekstrakurikuler yang dikemas dengan cara unik dan menarik.

“Jadi ekstrakurikuler yang dilaksanakan di SD Islam Binakheir School tak hanya menyenangkan, tapi juga bermanfaat untuk siswa. Selain dapat mengembangkan minat dan bakatnya juga sebagai wahana untuk melatih kemampuan sosial peserta didik, sekaligus pembentukan karakter siswa,” tuturnya.

“Harapan kami, dengan kegiatan sejumlah ekstrakurikuler ini, bisa memunculkan bibit bibit muda yang cerdas, percaya diri, bertanggungjawab serta memiliki keterampilan yang tangguh serta dapat mengembangkan kemampuan intelektual, emosional, spiritual, sosial, serta pengembangan keterampilan dan kepribadian peserta didik dalam rangka pembentukan SDM manusia Indonesia yang dapat diandalkan dimasa yang akan datang,”demikian harapan Kepala SDI Binakheir School, Yayuk Sulistiorini, S.Pd. (gus)

Baca juga

Tinggalkan Komentar