Swara Pendidikan (Panmas, Depok) — Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2025, SD Negeri Depok Baru 3 menggelar kegiatan peringatan yang meriah di halaman sekolah pada Jumat (2/5/25). Acara dimulai dengan upacara bendera dan dilanjutkan dengan penghargaan kepada peserta didik berprestasi yang berhasil meraih juara 1 dan mewakili sekolah ke tingkat kota.
Kepala UPTD SD Negeri Depok Baru 3, Marlenawati, S.Pd, dalam sambutannya memperkenalkan konsep Kurikulum Deep Learning, sebuah sistem pembelajaran yang bertujuan memperkuat pemahaman siswa melalui pendekatan lebih dalam dan bermakna.
“Tujuannya adalah memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa,” ujar Marlenawati.
Ia juga mengingatkan pentingnya Tujuh Kebiasaan Anak Hebat Indonesia, yaitu: bangun pagi, beribadah, berolahraga, makan sehat dan bergizi, gemar belajar, bermasyarakat, dan tidur cepat. Kebiasaan ini diyakini menjadi fondasi pembentukan karakter siswa unggul.
Marlenawati memberikan motivasi khusus kepada para siswa berprestasi yang akan mewakili sekolah ke tingkat kota.
“Anak-anak yang juara harus terus semangat, latihannya ditingkatkan, dan jangan lupa minta restu guru serta orang tua karena itu kunci keberhasilan kalian,” pesannya.
Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa regenerasi prestasi harus terus dilakukan, apalagi tahun ini para juara sudah duduk di kelas 5 dan akan lebih fokus menghadapi ujian tahun depan. Ia menegaskan bahwa SD Negeri Depok Baru 3 memiliki tradisi kuat dalam lomba-lomba pendidikan, termasuk prestasi tahun lalu di mana seorang siswa berhasil lolos hingga tingkat provinsi dalam ajang FTBI.
Lima Siswa Juara 1 yang Mewakili Sekolah ke Tingkat Kota:
- Amiera Mahyasakhi Nurterli (5A) – Gambar Ekspresi
- Muhammad Ghaisan Arfa (5A) – Atletik
- Allysha Tyanaquin Sidirama (5A) – Pentas PAI (Pidato)
- Rayyandra Cakra Kayan – Borangan Putra
- Ahmad Mundzir Al Hawasyi – Maca jeung Nulis Aksara Sunda Putra
Acara ini menjadi bukti komitmen SD Negeri Depok Baru 3 dalam mendukung pendidikan karakter dan prestasi siswa melalui pendekatan kurikulum yang inovatif serta pembinaan berkelanjutan di berbagai bidang. (Amr)