Puskesmas Pondok Sukmajaya Sosialisasi Gerakan Aksi Bergizi Sobat Gemaz di SMPI Bina Sejahtera

by Redaksi
0 Komentar 56 Pembaca

Swara Pendidikan (Sukmajaya, Depok) – Menyambut Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 25 November 2022, UPTD Puskesmas Pondok Sukmajaya bersama kantor Kelurahan Sukmajaya, Kota Depok mengadakan sosialisasi Gerakan Aksi Bergizi Sobat Gemaz Jawa Barat (Generasi Bebas Anemia dan Zero New Stunting) di SMPI Bina Sejahtera, Kamis (9/11/23).

Acara sosialisasi itu dihadiri lurah Sukmajaya, Mulyadi dan Kepala UPTD Puskesmas Sukmajaya, drg Ema Novita, Kepala SMPI Bina Sejahtera, Aceng Romdhoni, Babinkamtibmas, pengurus PKK dan para siswi SMPI Bina Sejahtera.

Kepala UPTD Pondok Sukmajaya, drg Ema Novita mengucapkan terima kasih kepada Lurah Sukmajaya, Mulyadi beserta jajarannya dan kepala SMPI Bina Sejahtera, Aceng Romdhoni dan para guru serta para siswi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Gerakan Aksi Bergizi Sobat Gemaz Jawa Barat, menurut Ema, merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Kesehatan Nasional yang akan dilaksanakan pada 25 November 2023.

“Ini aksi serentak se Jawa Barat, minum tablet tambah darah TTD,” kata Ema, Kamis (9/11/23).

Dia menjelaskan, Tablet Tambah Darat (TTD) bukan obat, tapi merupakan vitamin (suplamen) untuk pencegahan penyakit anemia bagi para siswi.

“Dengan minum Tablet Tambah Darah ini untuk pencegahan para anak didik perempuan dari penyakit animea, untuk kami berharap TTD rutin diminum setiap hari Senin,”  pinta Ema.

Berdasarkan hasil pemeriksaan atau penjaringan kesehatan di sekolah itu, Ema menuturkan, terdapat sedikitnya 15 siswi SMPI Bina Sejahtera menderita anemia.

“Untuk itu kami memberikan Tablet Tambah Darah bagi para siswi untuk diminum secara rutin,” ujarnya.

Sesungguhnya minum TTD di sekolah ini sudah dilakukan zejak dua bulan, dan saat lanjutan terkait dengan menyambut Hari Kesehatan Nasional yang akan dilaksanakan pada 25 November nanti.

Dalam sambutan membuka kegiatan tersebut, Lurah Sukmajaya, Mulyadi memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut dan berharap kepada UPTD Puskesmas Pondok Sukmajaya terus berkolaborasi dengan jajaran terkait di tingkat kelurahan dan lingkungan demi kemajuan kesehatan masyarakat di Kelurahan Sukmajaya.

“Saya mengajak UPTD Puskesmas membangun terus koordinasi tidak hanya dengan kelurahan, tetapi juga dengan lintas sektoral seperti Babinsa, Babinkamtibmas, PKK dan lainnya biar semua tidak bergerak sendiri memajukan kesehatan masyarakat warga Kelurahan Sukmjaya,” kata Mulyadi.

Kepala SMPI Bina Sejahtera, Aceng Romdhoni bersyukur dan berterima-kasih kepada UPTD Puskesmas Pondok Sukmajaya dan Kelurahan Sukmajaya mempercayakan SMPI Bina Sejahtera sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan Gerakan Aksi Bergizi Sobat Gemaz Jawa Barat.

“Alhamdulillah dan terima kasih kepada Pak Lurah dan bu Kepala UPTD Puskesmas sekolah kami menjadi tempat diadakannya kegiatan Gerakan Aksi Bergizi Sobat Gemaz Jawa Barat,” kata Aceng.

Dia mengatakan, sekolahnya selalu mendukung dan menyukseskan program pemerintah, apalagi berkaitan dengan kesehatan bagi para siswi SMPI Bina Sejahtera. (jaya).

Baca juga

Tinggalkan Komentar