Programkan Peningkatan Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak, Kelurahan Mampang Akan Bangun Tiga Posyandu

by Redaksi
0 Komentar 62 Pembaca

Lurah Mampang, Darmawansyah

Swara Pendidikan (Panmas, Depok)- Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat utamanya ibu dan anak, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), Kota Depok  akan membangun sedikitnya tiga Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di tiga Lingkungan Rukun Warga (RW) kelurahan itu pada 2025.

Ditemui di kantornya, Lurah Mampang, Darmawansyah mengatakan tahun 2023 pihaknya berhasil membebaskan sedikitnya delapan lokasi lahan untuk Posyandu.

“Tahun 2023, kami sudah membebaskan delapan lahan untuk lokasi Posyandu. Jadi, semua titik Posyandu kini sudah fasos-fasum Pemkot Depok. Sementara masih ada enam titik lokasi lagi masih fasos-fasum perumahan,” ungkap Darmawansyah saat ditemui Awak media di kantor Kelurahan Mampang. Selasa (20/2/24).

Didalam Musrenbang 2024 untuk pelaksanaan tahun 2025, dikatakan Darmawansyah, nanti akan dibangun tiga Posyandu secara utuh yang dimulai dari lahan kosong hingga berdiri bangunannya.

“Ketiga Posyandu ini nantinya berlokasi di tiga lingkungan, RW 01, 04 dan RW 10,” kata Darmawansyah. “Kenapa di ketiga RW itu? karena selama ini kegiatan Posyandu berada di teras rumah pengurus RT/RW atau rumah milik warga,” imbuhnya.

Dia menjelaskan dari delapan lahan Posyandu yang sudah dibebaskan di tahun 2023 itu terdiri dari empat lokasi lahan kosong dan empat lokasi lain masih ada bangunan.

”Mengingat dana kelurahan pembangunan hanya Rp1Milyar tidak cukup untuk membangun empat Posyandu, hanya cukup tiga Posyandu,” jelasnya.

Adapun sisa anggaran itu, lanjut Darmawansyah, untuk pembangunan fisik lain seperti; drainase, penerangan jalan umum (PJU) dan pengaspalan. Sedangkan untuk pembangunan lainnya, nanti akan diusulkan lagi ke Pemkot Depok, tanpa harus menunggu usulan di Musrenbang tahun berikutnya.

“Pembangunan Posyandu berikutnya bisa diusahakan melalui CSR atau dana aspirasi dewan. Kita upayakan tidak harus menunggu sampai Musrenbang tahun mendatang,” pungkasnya. (Jaya)

Baca juga

Tinggalkan Komentar