Pengurus Daerah Himpaudi Kota Depok adakan Bimtek ARKAS 4.0

by Redaksi
0 Komentar 143 Pembaca

Swara Pendidikan (Depok) – Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kota Depok bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Depok  menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) ARKAS 4.0, diikuti oleh seluruh Pengurus Cabang (PC) Himpaudi, Kepala sekolah dan operator, di gedung baleka lantai 10 Kota Depok. Rabu-Kamis (3 – 4 Januari 2024)

Acara dibuka oleh Kasi Paud Disdik Kota Depok, Deasy Martini S.Km. Kesempatan tersebut, Deasy mengatakan Bimtek diselenggarakan dalam upaya peningkatan mutu tenaga kependidikan dalam pengunaan ARKAS. “Kegiatan selama 2 hari ini adalah bimbingan dan sosialisasi Arkas  untuk satuan PAUD dan ini pertama kalinya diadakan,” katanya.

Menurut Deasy, tahun 2024  semua lembaga Paud harus memakai Arkas dalam kegiatan perencanaan Anggarannya, sebelumnya yang sudah melaksanakan adalah SD dan SMP.

“Arkas adalah perencanaan anggaran sekolah yang sistemnya berbasis online atau digitalisasi dengan sistem link jadi  mengurangi kertas (pepper less).  Arkas 4.0 itu lebih efektif karena semua pertanggung jawabannya ada dalam satu aplikasi, seperti membuat BKU, laporan pajak, dll,” tuturnya.

Deasy menambahkan, Arkas sistem aplikasi baru, pasti diawal penggunaannya akan kaget, merasa sulit, ribetlah, karena belum mengerti penggunaannya. Padahal jika sudah faham system aplikasinya akan terasa mudah dan semua dokumen tersimpan, tertata rapih.

“Inilah Pentingnya kegiatan  Bimtek, Kita sebagai pendidik dan tenaga kependidikan harus berpikir maju dan modern  untuk bisa menerima dan menjalankan sistem ini dengan baik dan terarah,” imbuhnya.

Deasy menjelaskan, sebenarnya Arkas belum bisa dibuat karena menunggu Juknis dari pusat dan tidak bisa di buat semau kita semua ada pedomannya (guideline). kita masih menunggu dari Kemendikbud. Ketika nanti Juknis sudah turun kita akan kerahkan semua untuk membuat Arkas.

“Februari dan Maret akan ada pendampingan, kita akan adakan edukasi kembali dengan pendampingan per wilayah didampingi oleh Ormit, Penilik dan pengawas,” jelasnya.

Perlu diketahui, Kegiatan ini di inisiasikan oleh Organisasi Mitra (Ormit) dan  Dinas Pendidikan memfasilitasi tempat dan memberikan edukasi terkait dengan sosialisasi Bimbingan pengguna Arkas. Sosialisasi  tahapan awal  yang terpenting  semua perwakilan lembaga Paud mempunyai gambaran tenteng sistem Arkas ini.

Tempat yang sama, Pengurus Daerah (PD) HIMPAUDI Kota Depok, Hj Suryati menyampaikan rasa syukur, selama 2 hari bisa melaksanakan sosialisasi Arkas dengan lembaga,  “Alhamdulillah berjalan lancar dan peserta antusias  mengikutinya,” ucapnya.

Hj Suryati mengatakan, Pengurus Daerah Himpaudi Kota Depok hanya menjembatani  para Pengurus Cabang (PC) Himpaudi di kota Depok dan guru-gurunya agar bisa lebih maju dan diterima oleh masyarakat.

“Saya sangat semangat dengan kegiatan ini karena kedepannya akan  bermanfa’at  untuk kemajuan lembaga Paud. Di jaman serba IT menjadi tantangan bagi guru-guru Paud agar bisa beradaptasi dengan kemajuan tekhnologi,” ungkapnya.

Setelah sosialisasi ini, kemudian lanjut Suryati,  akan melakukan pendampingan bukan hanya melibatkan internal Himpaudi, tetapi juga melibatkan Dinas pendidikan. “Untuk masing-masing Operator kecamatan, nanti secepatnya kita akan agendakan, karena sistem Arkas 4.0 sudah menjadi kebutuhan dan kewajiban yang harus dijalankan di tahun 2024,” kata suryati.

Sementara itu, ketua Himpaudi kecamatan Cinere, Marfuah S.Pdi menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan Daerah Himpaudi dan Dinas pendidikan atas Bimbingan Tekhnis dan pengarahannya tentang Arkas.

“Semoga setelah diadakannya kegiatan ini, khususnya kami pengurus Himpaudi kecamatan Cinere  bisa memahami pengisian Arkas 4.0,” harapnya. (Ameer)

Baca juga

Tinggalkan Komentar