Pengabdian Masyarakat Manajemen Bisnis Pariwisata Universitas Indonesia Luncurkan Buku Panduan Java Bali Overland (JBO)

by Redaksi
0 Komentar 44 Pembaca

Swara Pendidikan (Depok) – Indonesia, dengan kekayaan alam dan budayanya, selalu menjadi destinasi impian bagi para pelancong. Di antara banyak rute wisata yang menawan, perjalanan wisata Jawa-Bali menonjol sebagai salah satu yang paling menarik.

Untuk membantu para wisatawan menikmati keindahan rute ini dengan lebih terencana dan bermakna, kini hadir sebuah buku panduan yang komprehensif, Buku Panduan Java Bali Overland (JBO) yang merupakan salah satu luaran dari pengabdian masyarakat Manajemen Bisnis Pariwisata Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia.

Kegiatan Java-Bali Overland Tour (JBO) sebagai bagian dari pelaksanaan praktikum lapangan dan ujian akhir semester adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan program studi Manajemen Bisnis Pariwisata Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dosen Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, yaitu Febrian, Mahadewi, Mochamad Fajar Akbar, Anisatul Auliya, Poeti Nazura Gulfira Akbar, Diani Mustika Prianti, Muhammad Hidayat Sahid dan Ayleen Alicia Kosasih.

Walaupun dilakukan secara rutin, pelaksanaan tahun ini adalah kali pertama berkolaborasi dengan 15 mahasiswa fakultas ilmu kesehatan UiTM Kampus Puncak Alam, Malaysia, dan perwakilan dosen Erna Faryza Binti Mohd Poot yang melaksanakan Summer Course.

 

Pulau Jawa dan Bali bukan hanya sekadar dua pulau di Indonesia; keduanya adalah pusat kebudayaan dan alam yang menawarkan pengalaman wisata tak terlupakan. Dari kemegahan Candi Borobudur dan Prambanan di Jawa hingga pesona pantai-pantai indah di Bali, perjalanan ini adalah perpaduan sempurna antara sejarah, budaya, dan keindahan alam. Untuk itulah Manajemen Bisnis Pariwisata Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia melakukan Focus Group Discussion sebagai dasar penyusunan buku ini.

Apa yang Menarik dari Buku Panduan JBO?

Buku Panduan JBO dirancang untuk menjadi teman setia bagi setiap wisatawan yang ingin menjelajahi rute Jawa-Bali. Buku ini tidak hanya memberikan informasi tentang destinasi wisata, tetapi juga panduan praktis yang dapat memudahkan perjalanan Anda. Berikut beberapa fitur utama dari buku panduan ini:

  1. Informasi Mendalam: Buku ini memberikan pemahaman mendalam mengenai berbagai aspek perjalanan wisata, mulai dari tujuan, motivasi, hingga jenis-jenis perjalanan yang dapat dilakukan. Informasi ini sangat berguna bagi wisatawan yang ingin memahami lebih jauh tentang apa yang akan mereka kunjungi dan alami.
  2. Itinerary Terperinci: Disusun dalam delapan hari perjalanan, buku ini memberikan rencana perjalanan yang detail. Setiap hari, wisatawan akan diajak mengunjungi destinasi-destinasi utama yang mencakup aspek geografis, sejarah, budaya, hingga kuliner lokal. Itinerary ini dirancang agar wisatawan dapat memaksimalkan waktu dan pengalaman mereka di setiap tempat.
  3. Keterampilan Praktis: Bagi mereka yang tertarik pada manajemen bisnis pariwisata, buku ini juga memberikan panduan tentang bagaimana merencanakan dan mengelola perjalanan wisata secara efektif. Selain itu, kemampuan untuk memberikan pelayanan pemanduan wisata yang berkualitas juga dibahas secara mendalam.
  4. Peningkatan Kompetensi: Buku ini bukan hanya untuk wisatawan biasa, tetapi juga bagi mahasiswa dan praktisi pariwisata. Dengan mempelajari buku ini, mereka dapat meningkatkan kompetensi dalam bidang manajemen bisnis pariwisata yang dapat diaplikasikan dalam berbagai konteks profesional di industri pariwisata.

Manfaat Buku Panduan JBO

Buku panduan ini menjanjikan sejumlah manfaat bagi para pembacanya, antara lain:

  1. Pemahaman yang Lebih Mendalam: Membantu wisatawan memahami tujuan dan motivasi perjalanan mereka, serta jenis-jenis perjalanan yang bisa dilakukan.
  2. Keterampilan Praktis: Mengembangkan keterampilan dalam merencanakan dan mengelola perjalanan wisata, serta kemampuan memberikan pelayanan pemanduan yang berkualitas.
  3. Peningkatan Kompetensi: Meningkatkan kompetensi dalam bidang manajemen bisnis pariwisata, yang berguna bagi mahasiswa dan praktisi pariwisata.

Buku Panduan JBO sangat ideal bagi siapa saja yang ingin mengeksplorasi Jawa dan Bali dengan cara yang lebih terencana dan bermakna. Mahasiswa, dosen, praktisi pariwisata, dan bahkan wisatawan biasa dapat menemukan nilai luar biasa dalam panduan ini. Dengan Buku Panduan JBO, menjelajahi keindahan Jawa dan Bali kini menjadi lebih mudah dan terarah. Buku ini adalah investasi terbaik bagi setiap wisatawan yang ingin menikmati setiap momen perjalanan mereka dengan maksimal. Tidak hanya membantu dalam perencanaan perjalanan, tetapi juga memberikan wawasan tentang manajemen bisnis pariwisata yang bermanfaat untuk karir profesional. **


Pengirim: Anisatul Auliya
Editor: Ameer

Baca juga

Tinggalkan Komentar