Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Manajemen Bisnis Pariwisata Universitas Indonesia: Pembuatan Konten Media Sosial & Website di Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta

by Redaksi
0 Komentar 39 Pembaca

Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Manajemen Bisnis Pariwisata Universitas Indonesia

Swara Pendidikan (Depok) – Mahasiswa  Manajemen Bisnis Pariwisata Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, telah melakukan beberapa pengabdian masyarakat pada program studi lapangan praktik  dalam kegiatan Jawa Bali Overland (JBO) tahun 2024.

Salah satunya ialah Pengabdian Masyarakat dalam Pembuatan Konten Media Sosial dan Website di Desa Wisata Pentingsari, Yogyakarta. Hal ini mengingat pentingnya pemanfaatan media sosial pada masa sekarang sebagai sumber informasi dan juga promosi sebuah destinasi.

Pengabdian masyarakat pembuatan konten media sosial & website di Desa Wisata Pentingsari dilakukan oleh seluruh Mahasiswa Manajemen Bisnis Pariwisata. Konten ini dibuat dalam bentuk video dan copywriting yang hasilnya diserahkan dan digunakan oleh pihak Desa Pentingsari untuk di media sosial ataupun website-nya.

Kegiatan yang dilakukan pada 28 Mei 2024 ini diikuti oleh perwakilan dosen Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, yaitu Febrian, Mahadewi, Anisatul Auliya, Poeti Nazura Gulfira Akbar, Diani Mustika Prianti, Mochamad Fajar Akbar, Muhammad Hidayat Sahid dan Ayleen Alicia Kosasih serta mahasiswa angkatan 2022 Program studi Manajemen Bisnis Pariwisata Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia yang berkolaborasi dengan 15 mahasiswa fakultas ilmu kesehatan UiTM Kampus Puncak Alam, Malaysia, dan perwakilan dosen Erna Faryza Binti Mohd Poot yang melaksanakan Summer Course.

Pengabdian masyarakat ini bertujuan agar konten yang dibuat oleh Mahasiswa Manajemen Bisnis Pariwisata dapat dimanfaatkan oleh pihak Desa Wisata Pentingsari guna memajukan sosial media dan website serta membantu meningkatkan promosi dan pemasaran melalui konten yang diunggah secara konsisten dengan konten yang menarik dan kreatif. Dalam pelaksanaannya, dipandu oleh dosen Manajemen Bisnis Pariwisata, Febrian, M.Si. memaparkan beberapa poin penting keberadaan konten sebagai pendukung promosi dan pemasaran pada masa sekarang.

Pembuatan konten media sosial dan website ini dibagi menjadi dua belas kelompok yang setiap kelompok membuat konten di enam lokasi atraksi berbeda yang tersedia di Desa Wisata Pentingsari. Sehingga melalui pengabdian masyarakat ini telah menghasilkan dua belas konten video dan copywriting yang berbeda untuk Desa Wisata Pentingsari.

Atraksi yang dikunjungi untuk pengabdian masyarakat ini, yang pertama adalah Kopi Madu Merapi yang dimana terdapat proses kopi wine dan terdapat beberapa display kopi. Kopi Madu Merapi sendiri, berasal dari rasa manis yang dihasilkan oleh biji kopi berasal dari endapan abu vulkanik Gunung Merapi yang meletus tahun 2010 lalu di lahan kopi tersebut. Kopi Madu Merapi pun dihasilkan melalui proses yang unik dan ramah lingkungan.

Lokasi kedua adalah Kopi Tunggak Semi yang merupakan salah satu UMKM di Desa Pentingsari dengan kopi spesialis robusta dengan ciri khas buah yang bulat dan memiliki rasa yang pahit. Kopi Tunggaksemi di Desa Wisata Pentingsari ini menjadi kopi pertama dan satu satunya di Yogyakarta yang menggunakan sistem organik dan tanpa kimia. **


Pengirim: Anisatul Auliya
Editor: Ameer

Baca juga

Tinggalkan Komentar