Pelaksanaan PPDB 2024 Kota Depok Kondusif, Disdik: Terima Kasih Kepada Semua Pihak

by Redaksi
0 Komentar 113 Pembaca

Kadisdik dan jajaran

Swara Pendidikan (Depok) – Kepala Dinas  Pendidikan Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah, S.Pd, MM menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD dan SMP di Kota Depok tahun 2024 berjalan sukses, lancar, kondusif, dan aman.

“”Alhamdulillah, pelaksanan PPDB Kota Depok 2024 diseluruh satuan pendidikan berlangsung kondusif dan lebih baik dari tahun sebelumnya. Semua tahapan berjalan baik dan lancar. Mulai dari tahapan zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua siswa, dan jalur prestasi akademik dan non akademi semuanya berjalan lancar,” jelas Kadisdik, Hj.  Siti Chaerijah, dalam keterangan persnya kepada awak media, Senin (02/07/24).

Siti menjelaskan, PPDB Depok 2024 jenjang SDN dan SMPN berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan laporan serta pengawasan melibatkan berbagai pihak terkait. Diantaranya, Kemendikbudristek RI, Ombudsman RI, KPK RI, BBPMP Jawa Barat, Saber Pungli Provinsi Jawa Barat, Inspektorat Daerah Kota Depok dan Komisi D DPRD Kota Depok.

“Secara keseluruhan, pelaksanaan berlangsung sesuai tahapan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksana (Juklak-Juknis) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok sesuai Permendikbudristek No. 1 Tahun 2021, Kepsekjen Kemdikbudrtistek No. 47/M/2023, Perwal Kota Depok No.57 Tahun 2023, dan  Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok No. 421.1/3072/III/Disdik/2024,” paparnya.

Soal adanya beberapa hambatan, Kadisdik menilai hal itu lumrah, sebab sebagai manusia biasa dan keterbatasan sistem aplikasi yang digunakan pastilah ada cela. Hal ini dikarenakan peminat atau pendaftar di Depok (khususnya beberapa sekolah) lebih banyak peminat daripada daya tampung.

“Tapi kami terus berupaya melakukan penyempurnaan,” tandasnya.

Hal ini menurutnya dikarenakan peminat atau pendaftar di Depok (khususnya beberapa sekolah) lebih banyak peminat daripada daya tampung.

“Alhamdulillah, permasalahan yang terjadi dapat diselesaikan dengan baik di tingkat sekolah, dan tim helpdesk Disdik Depok. Karena kita tidak ingin ada yang dirugikan dalam pelaksanaan PPDB ini,” pungkasnya.

Senada, juga disampaikan Kepala bidang pembinaan SD, Wawang Buang. Dikatakan Kabid SD, pelaksanan PPDB Kota Depok 2024 jenjang SDN berlangsung lancar, tanpa kendala.

“Alhamdulillah pelaksanaan berjalan lancar, semua sesuai tahapan yang telah ditetapkan. Kami mengajak para siswa untuk bersiap melaksanakan proses belajar mengajar pada tahun ajaran baru 2024/2025,” tutur Wawang Buang.

Sementara itu, Kabid SMP, Joko Sutrisno mengajak kepada siswa baru mempersiapkan diri menyambut tahun ajaran baru 2024/2025 pada 15 Juli 2024.

“Seluruh calon siswa memulainya dengan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS),” jelas Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdik Kota Depok, Joko Sutrisno, M.Pd yang didampingi Kepala Seksi (Kasie) SMP Disdik Kota Depok, Bahrudin, S.Pd.

Sementara itu dari pantauan dilapangan, pelaksanaan PPDB di SMPN 2 dan 19 Depok juga berlangsung lancar.

Terkait dugaan adanya permainan nilai di SMPN 19 Depok,  Kepsek SMPN 19 Kota Depok, Nenden Agustina secara tegas mengatakan, isu itu tidak benar

“Kami juga sudah melakukan klarifikasi dari SMAN tujuan. Semua clear, tidak ada persoalan,” ungkapnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas dukungannya sehingga PPDB SMPN 2 Depok berjalan kondusif, ujar Kepsek SMPN 2, Sumarno menambahkan.

Sebagai informasi, tahapan kegiatan rangkaian PPDB Kota Depok 2024 jenjang SDN dan SMPN yakni:

  1. Perencanaan atau persiapan dimulai pada Februari hingga April 2024.
  2. Pelaksanaan pada Mei hingga Juni 2024.
  3. Laporan Juni hingga Juli 2024.

Tahapan jalur PPDB Kota Depok 2024 yakni, Jalur Zonasi (TK, SD, SMP), Jalur Afirmasi (SD, SMP),

Jalur Perpindahan Tugas Orang tua (SD, SMP) dan Jalur Prestasi (SMP).

Dalam pelaksanaan PPDB Kota Depok dimulai dengan tahapan:

  1. Pra pendaftaran dilaksanakan dari tanggal 1-31 Mei 2024.
  2. Pendaftaran dilaksanakan pada 3-10 Juni 2024.
  3. Pengumuman dilaksanakan pada 5-12 Juni 2024.
  4. Daftar ulang 13-14 Juni 2024.

Jumlah ketersediaan satuan pendidikan negeri di Kota Depok Tahun 2024 , untuk TK Negeri dua, SDN  206, dan SMPN  34. (gus)

Baca juga

Tinggalkan Komentar