Outing class, Siswa SMK NCM Belajar Menanam

by Redaksi
0 Komentar 230 Pembaca

Swara Pendidikan (Sawangan, Depok) – SMK Nufa Citra Mandiri (NCM) Sawangan adakan kegiatan  outing class, diikuti puluhan siswa dan guru, dengan menggandeng Komunitas Aliansi Pencinta Alam (ANCALA) sebagai mentor. Selasa (19/12/23).

Kepala SMK NCM, Febri Tsamaru Qolbi.S.kom mengatakan Outing Class merupakan salah satu program pembelajaran. Tujuannya memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu untuk  menumbuhkan kreativitas siswa.

“Para siswa perlu belajar di luar kelas untuk mengenal alam, dan memahami pentingnya memelihara dan merawat alam sekitar,” katanya.

Menurut Febri, hidup bukan hanya tumbuh dan berkembang melainkan perjalanan yang harus  dijalankan dengan hati yang lapang.

Sementara itu, Waka Bidang Kesiswaan, Muhamad Pandi S.Pd menjelaskan isi kegiatan outing class menanam cabe.

“Dengan belajar menanam siswa dapat memahami makna dari proses menanam. Proses awal untuk  mendapatkan hasil,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Pandi, ketika  menginginkan hasil yang baik, ada tahapan dan perawatan yang harus dilakukan. “Tahapannya, pembekalan pengetahuan  tentang  tehnik menanam, penyediaan media tanam, dan alat-alat yang di gunakan untuk menanam,” urai Pandi

Adapun dalam kegiatan melibatkan Ancala, Pandi mengaku, relawan Komunitas Aliansi Pencinta Alam (ANCALA) sangat luar biasa memberikan edukasi, memotivasi yang membuat siswa lebih mengerti dan semangat menjaga alam sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh ALLAH SWT.

“Kegiatan ini bisa menjadi rekomendasi buat sekolah-sekolah yang lain untuk bekerjasama dengan  tim relawan ANCALA dalam melaksanakan outing class,” imbuhnya.

Salah satu siswa SMK NCM, Syakila Gina kelas 12 Tjkt mengaku sangat senang terlibat dalam kegiatan.  “Senang banget karena bisa fun bersama, bisa memahami arti tentang hidup, memelihara dan merawat bumi,” ujar Syakila. (Ameer)

 

Baca juga

Tinggalkan Komentar