OSN 2017 Tingkat SMA Se Wilayah I Bogor Digelar Serempak

by harlis
0 Komentar 453 Pembaca

Kadisdik Provinsi Jawa Barat Buka OSN Di SMA Negeri 2 Cibinong

Kadisdik Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi membuka OSN Di SMA Negeri 2 Cbinong

Kadisdik Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi membuka OSN Di SMA Negeri 2 Cbinong

Swara Pendidikan.co.id (BOGOR) – Even tahunan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 tingkat SMA di wilayah I Bogor, meliputi Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok digelar serempak ditempat berbeda pada Selasa (14/3/17) pagi.

Untuk pelaksanaan OSN di Kota Bogor diselenggarakan di SMA Negeri 6 Kota Bogor, sementara di Kota Depok berlangsung di SMA Sejahtera, dan di Kabupaten Bogor, OSN digelar di SMA Negeri 2.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi usai membuka OSN di SMAN 2 Kab. Bogor menjelaskan bahwa Olimpiade  sains merupakan wadah penyaluran bakat, minat, dan potensi para peserta di bidang  sains.

“Dari ajang inilah Indonesia setiap tahunnnya menyaring bakat-bakat terbaik di sembilan bidang sains yang dilombakan, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian (Geo Sains), dan Geografi,” jelas Ahmad Hadadi didampingi Kepala Balai Wilayah I, Herry Pansila. Selasa (14/3/17).

Dia menambahkan, pelaksanaan OSN merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud. Sekaligus sebagai evaluasi terhadap keseluruhan proses pembelajaran selama ini di sekolah.

“OSN ini dilaksanakan dalam tiga tahapan yakni, di tingkat kabupaten dan kota, tingkat provinsi dan tingkat nasional. Yang sekarang kita gelar ini masih ditingkat kabupaten/kota. Setelah ini baru ke tingkat provinsi lalu ke tingkat nasional,” katanya.

“Yang berhasil dinilai sebagai siwa-siswi yang berprestasi nantinya akan menjadi calon peserta OSN mewakili masing-masing kabupaten/kota ke tingkat provinsi. Jika nanti siswa dinilai berperestasi di tingkat provinsi maka otomatis menjadi peserta sekaligus sebagai duta OSN Provinsi Jawa Barat dalam lomba OSN tingkat nasional,” sambung orang nomor satu dijajaran Dinas Pendidikan Pemprov Jawa Barat .

Senada dengan Kadisdik Prov, Kepala Balai Wilayah I, Herry Pansila berharap kegiatan rutin tahunan ini mampu menumbuhkan budaya kompetisi yang sehat, sekaligus menambah wawasan dan penguasaan para siswa dalam bidang sains.

“Tujuan kegiatan ini untuk memfasilitasi dan menjaring siswa SMA berpotensi dan berbakat dalam bidang sains,” pungkas Herry Pansila.

Sementara itu seleksi OSN di SMA Negeri 2 Cibinong, yang diikuti sebanyak 610 siswa dari berbagai sekolah negeri dan swasta se Kabupaten Bogor, juga dihadiri Ketua Panitia OSN Kab, Bogor, Bambang Supriyadi, Kepala SMA se- Kabupaten Bogor, serta  guru-guru pendamping dari masing-masing sekolah. (Harlis).

Baca juga

Tinggalkan Komentar