Musrenbang Tingkat Kelurahan, Camat Panmas: Prioritaskan Persoalan Lingkungan

by Redaksi
0 Komentar 57 Pembaca

Camat Pancoran Mas, Zikri Dwi Darmawan saat Musrenbang Kelurahan Mampang, pekan lalu. (Foto: Diskominfo)

Swara Pendidikan (Pancoranmas, Depok) – Camat Pancoran Mas (Panmas) Zikri Dwi Darmawan mendorong agar momentum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan, dapat dimanfaatkan oleh stakeholder untuk merumuskan penanganan prioritas persoalan lingkungan.

 

“Musrenbang itu menyusun daftar kebutuhan bukan keinginan, daftar prioritas warga yang harus jadi kesepakatan,” ujarnya, Selasa (23/01/24).

 

Menurut Zikri, setiap wilayah memiliki masalah prioritas yang berbeda. Meskipun dana Kelurahan Rp2,5 miliar tidak mencukupi untuk penanganannya, namun masih ada slot pendanaan lainnya yang dapat dimanfaatkan.

 

“Bahwa anggaran sumber daya pemerintah terbatas. Tetapi prioritas itu perlu, sehingga ada jalur-jalur lain yang bisa ditempuh masyarakat, ada dana yang tidak bisa dialokasikan di dana kelurahan, namun bisa diusulkan alokasi perangkat daerah melalui form A4 dan anggota dewan yang punya dana aspirasi,” paparnya.

 

Dia menuturkan, usulan-usulan masyarakat yang belum tertampung melalui dana kelurahan diharapkan dapat diteruskan ke perangkat daerah dan anggota legislatif.

 

“Form A4 itu harus dikawal dan setiap musrenbang menunjuk delegasi ke tingkat kecamatan untuk mengawal program prioritas itu untuk dibuat kesepakatan baru di tingkat kecamatan,” tambahnya.

 

“Dan kecamatan juga akan mengutus delegasinya di tingkat perangkat daerah (saat forum renja),” pungkasnya. (**)

Baca juga

Tinggalkan Komentar