MKKS Kota Depok Gelar Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan

by Redaksi
0 Komentar 211 Pembaca

Swara Pendidikan (Bojongsari, Depok) – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Depok menggelar kegiatan workshop dalam rangka implementasi peningkatan mutu pendidikan disekolah menengah kejuruan (SMK).

Kegiatan dihelat di aula lantai 3 SMK Kesehatan Pelita ilmu. Diikuti 33 peserta dari 18 SMK binaan Pengawas KCD wilayah 2. dengan narasumber Kusnandar.S.SI.M.SI dan Syaikhi.S.pd Pengawas KCD wilayah 2. Jumat (10/11/23).

Tujuan dari kegiatan workshop ini dikatakan Syaikhi.S.pd, antara lain

  1. Optimalisasi rapor peningkatan mutu pendidikan di sekolah
  2. Sosialisasi penilaian kinerja kepala sekolah
  3. Sosialisasi uji kompetensi kejuruan.

Syaikhi menambahkan, rapor pendidikan itu adalah sebuah gambaran atau cermin keadaan sekolah yang mana pendapatan data di dapatkan dari ANBK siswa, sulingjar oleh guru dan kepala sekolah, studi dan dapodik.

“Dari hasil itu keluarlah rapor pendidikan lalu kita bisa tau mana sekolah yang sakit (kurang diminati, jarang muridnya dll) kemudian dari situ kita bisa membuat langkah-langkah untuk memperbaikinya,” jelas Syaikhi .

Selanjutnya, sambung Syaikh.  “Masuklah kedalam program sekolah ARKAS, sehingga nanti bisa terlaksana dengan adanya perubahan dan perbaikan setelah melihat hasil rekomendasi tahun ini,” sambungnya.

Materi yang di sampaikan lanjut Syaikhi adalah materi perencanaan berbasis data artinya segala sesuatu harus berbasiskan data agar terukur dan terarah, lalu kita bisa mengeksplor, membaca, memahami dan mengambil makna apa yang menjadi rekomendasi secara detail agar kita tau apa yang menjadi akar masalah sekolah, sehingga ketika kita punya solusi, solusinya bisa pas dan tepat sasaran sesuai dengan permasalahan sekolah karena kita bekerja berbasis data.

Tempat yang sama, Kepala SMK kesehatan Pelita ilmu, Irma Dewi S.ST.MKM mengatakan, “Kegiatan ini sangat bermanfaat terutama buat kami sekolah-sekolah binaan pak shaikhi karena dengan adanya kegiatan seperti ini kita bisa mengetahui rapor pendidikan yang sebelumnya kami hanya login ternyata belum di eksplorasi,” terang Irma Dewi.

“Kemudian dengan adanya kegiatan ini kita langsung di infokan untuk mengeksplorasi kondisi sekolah kita seperti apa karena ini berkaitan tentang mutu sekolah yang baik sehingga bisa mendapatkan dana BOS kinerja. Intinya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk sekolah,” pungkas Irma.

Senada, Ketua pelaksana workshop, Ahmad latif.S.Ag.M.Pd mengucapkan terima kasih kepada ke dua narasumber, juga kepsek SMK kesehatan Pelita ilmu yang sudah memfasilitasi kegiatan pada hari ini dan seluruh kepala sekolah yang hadir.

“Kami berharap terus  terjalin silaturahmi dan kekompakan seluruh SMK di kota Depok di bawah binaan Bapak Syaiki S. Pd. MM. Selajutnya pada workshop kali ini, kami berharap SMK dapat mengeksplorasi rapor pendidikan untuk meningkatkan mutu sekolah, dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka,” tuturnya. (amer)

Baca juga

Tinggalkan Komentar