Merajut Nusantara, SMK Perwira Bangsa Gelar PERBAS Fest

by Redaksi
1 Komentar 289 Pembaca

Swara pendidikan (Sawangan, Depok)- SMK Perwira Bangsa Sawangan, kembali menggelar Perwira bangsa festival (Perbas fest) pada 26-27 Januari 2024 setelah beberapa tahun tidak selenggarakan lantaran terkendala pandemi covid’19.

Dari pantauan Swara pendidikan, Jum’at (26/1/24) acara pembukaan berlangsung meriah dengan berbagai kreatifitas siswa ditampilkan. Tempat berlangsungnya dihalaman sekolah berdiri 14 Stan meramaikan suasana dengan menyajikan berbagai macam makanan khas Indonesia.

Menurut Kepala SMK Perwira Bangsa, Muhammad Rizki S.Si, ada 59 Sekolah se-kota Depok ikut meramaikan perlombaan, sementara untuk membantu kelancaran lomba telah disiapkan 70 panitia.

“Perbas fest merupakan program rutin tahunan yang diselenggarakan SMK Perwira Bangsa,” kata Muhammad Rizki.

Rizki menyebutkan perlombaan yang dipertandingkan dalam Perbas Fest. “Lomba masak nusantara di ikuti 15 sekolah, kedua lomba lagu daerah 20 sekolah, dan ketiga perlombaan E sport Mobile legend di ikuti 24 sekolah,” sebutnya.

Lebih lanjut, Rizki menjelaskan, tema yang diusung “Merajut Nusantara” dengan tujuan,  ingin mengedukasi para siswa untuk lebih mengenal dan mencintai budaya Indonesia.

Rizki berharap dengan diadakannya Perbas fest ini para siswa SMK Perwira bangsa lebih mengenal dan mencintai kebudayaan Indonesia.

“Saya melihat di jaman modern ini, penetrasi budaya asing sangat kuat. Kebudayaan kita sudah tergerus dengan kebudayaan asing, sebagai contoh mereka lebih kenal sushi, ramen, takoyaki di banding dengan celorot, lepet dan lainnya,” tuturnya.

Ditempat sama, Ketua panitia, Muhammad Iqbal S.S mengatakan, persiapan perbas fest dilakukan sudah cukup lama, dari bulan agustus 2023.

“ Banyak hal yang kita diskusikan dalam mempersiapkannya, salah satunya para siswa  membuat projeck-projeck, porto folio lalu di presentasikan,” katanya.

Adapun Kendala yang dihadapi, kata Iqbal, para siswa bingung untuk memilih dan mencari kostum yang sesuai dengan tema. Selain itu, kendalanya menyesuaikan dengan kegiatan KBM dan persiapan ujian dari masing-masing sekolah. (Amr)

Baca juga

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

Anonymous 28/01/2024 - 5:14 pm

SMK PERWIRA BANGSA BEST🤩

Reply