Mengenal Lebih Dekat SDN BUNISARI CIBINONG

by Redaksi
0 Komentar 254 Pembaca

Swara Pendidikan (Cibinong, Bogor) – Sekolah  Dasar Negeri (SDN) Bunisari merupakan salah satu Sekolah yang berada di Jl. Entuk Buni Rt 06/08, Kelurahan Cibinong, Kecamatan Cibinong, Kab.Bogor.

Dari beberapa SDN yang ada di Kelurahan Cibinong, SDN Cibinong Raya, di Bek-ang ada SDN Cibinong 3 dan 4, SDN Mekar Jaya 2,  SDN Bunisari yang paling terpencil dan paling sedikit jumlah siswanya, hanya 118 siswa dengan jumlah tenaga pengajar 9 guru.

Menurut Kepala SDN Bunisari, Zaitun Rahmi Mulyati, M.Pd yang baru 2 bulan menjabat sebagai Kepala Sekolah mengatakan, “SDN ini siswa-siswinya hanya dari 3 rukun Tetangga,” katanya saat disambangi Swara Pendidikan di kantornya. Selasa (25/9/23).

Sebagai informasi, Zaitun Rahmi Mulyati, M.Pd merupakan salah satu  dari 340 guru yang dipromosikan di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor yang diangkat untuk  formasi Kepala Sekolah Dasar (SD) pada 21 Juli lalu

Melihat kenyataan yang ada jadi tantangan tersendiri buat Zaitun sebagai seorang Kepala Sekolah yang baru untuk mampu merubah keadaan.

“Program jangka pendek saya bagaimana caranya meningkatkan kualitas, baik para guru, siswa-siswinya, maupun sarana dan prasarana,” ujar Zaitun

Karena secara kuantitas, lanjutnya, belum memungkinkan karena lingkungan disini terpencil. Dari hasil pengamatannya dan hasil tanya-tanya baik dari masyarakat sekitar ataupun guru yang sudah lama, sejak berdiri Sekolah (SK Pendirian: Intruksi Presiden No. 7 Tgl SK: 1983-07-04) sampai sekarang  belum pernah hasil PPDB itu melebihi 30 siswa.

“Ya, tapi mudah-mudahan dengan adanya akses jalan baru dari sebelah LIPI, kemudian ada peningkatan kualitas, tahun depan bisa bertambah siswanya,” ungkap Zaitun penuh harap

Dalam meningkatkan kualitas Sekolah, Zaitun mengungkapkan, beberapa tahap yang akan dikerjakan, mulai dari kedisiplinan, dengan memberikan contoh langsung. Dari akademisnya, dengan diadakannya pramuka, menfasilitasi minat dan bakat anak. Sementara untuk sarana dan prasarana mulai dengan penataan ulang, baik kantor dan juga ruang belajar (rombel).

“Alhamdulillah untuk satu bangunan, 3-4 rombel akan ada renovasi di bulan Oktober. Ini hasil pengajuan Kepsek yang lama,” terangnya

Zaitun mengharapkan kerjasama bisa terjalin dengan baik, baik dengan aparatur kelurahan, tokoh masyarakat, Instansi Disdik, dan seluruh civitas SDN Bunisari.

“Saya yakin walaupun berat jika semua kompak akan terasa ringan dan SDN Bunisari akan lebih berkembang dan berprestasi,” pungkasnya. (NJ)

Baca juga

Tinggalkan Komentar