Membangun Karakter Pelajar Pancasila Melalui Program GESIT di SDN Cipayung 4

by Redaksi
0 Komentar 212 Pembaca

SWARA PENDIDIKAN (CIPAYUNG, DEPOK) – Upaya pembentukan siswa berkarakter untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila terus digiatkan di Sekolah Penggerak SDN Cipayung 4. Salah satunya melalui program GESIT atau Gerakan Siswa Berkarakter.

“Program GESIT ini bertujuan untuk meningkatkan Profil Pelajar Pancasila (P3) sebagai karakter peserta didik,” ujar Kepala SDN Cipayung 4, Feryany Gultom kepada SP, kemarin.

Feryany Gultom menambahkan, kegiatan-kegiatan yang menjadi pembiasaan pada program GESIT ini antara lain,

  1. Menyambut siswa sebagai implementasi karakter 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) membentuk dimensi mandiri dan disiplin para peserta didik.
  2. Menyanyikan lagu wajib nasional dan daerah sebelum atau setelah pembelajaran (1 bulan peserta didik mampu menyanyikan 1 lagu wajib/daerah). Hal ini berdampak pada meningkatnya dimensi kebhinekaan global dan bernalar kritis.
  3. Membaca surat-surat pendek dan bacaan sholat dan wudhu.
  4. Sholat Dhuha berjamaah. Pembiasaan ini meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
  5. Pembiasaan LAB (lihat, ambil, buang) bentuk kepedulian kebersihan lingkungan dari peserta didik. Pembiasaan ini berdampak pada meningkatnya kreativitas peserta didik.
  6. Membawa tempat makan dan minum (bawa bekal dari rumah) utk mengurangi produksi sampah jajanan sekolah. Berdampak positif pada dimensi gotong royong.

“Demikian enam point program GESIT yang kami laksanakan di SDN Cipayung 4,” tutup Kepala SDN Cipayung 4, Feryany Gultom. (gus)

Baca juga

Tinggalkan Komentar