Beranda » PENA GURU » Langkah Nyata Kepala Sekolah dalam Membangun Kebersamaan di SDN Pondokcina 3

Langkah Nyata Kepala Sekolah dalam Membangun Kebersamaan di SDN Pondokcina 3

by Redaksi
1 comment 375 Pembaca

 

Oleh : Eni Yuhaeni,S.Pd

 

Pandemi Covid 19, mengharuskan kita melaksanan  protokol kesehatan yang ketat  di manapun berada seperti mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitazer, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas, yang kita sebut dengan Gerakan 5M.

Manusia sebagai mahluk sosial yang biasanya berinterksi secara langsung, tentu merasakan dampak dari melaksanakan Gerakan 5M  . Hal yang terasa berat dalam pelaksanaan 5M adalah  menjaga jarak, sangat susah lantaran kebiasaan kita jika bertemu berjabat tangan, begitu juga dengan memakai masker  terasa tidak nyaman karena napas terasa sesak,  tapi seiring berjalannya waktu hal  tersebut  menjadi sebuah kebiasaan baru,

Cucurak SDN Pondok Cina 3

Apa dampak dari menjaga jarak akibat Pandemi  Covid 19 ? Banyak sekali antara lain kita tidak bisa mendampingi  teman, saudara, keluarga atau siapapun yang terbaring sakit, kita tidak bisa bercengkrama, bersenda gurau di saat-saat senggang menghilangkan rasa penat usai bekerja, belum lagi isolasi mandiri dan karantina. Ada orang batuk sudah dicurigai covid 19, ada demam sedikit sudah dikucilkan. Hilang semua rasa kebersamaan.

Seberapa penting  rasa kebersamaan dalam kehidupan manusia? Sungguh manusia ditakdirkan sebagai mahluk sosial yang tidak mungkin mampu hidup sendirian. Manusia saling membutuhkan, dan saling ketergantungan sejak dilahirkan hingga  sampai masuk ke liang kubur disaat kematiannya. Ada banyak istilah-yang menunjukkan pentingnya kebersamaan seperti gotong royong, musyawarah, solidaritas, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, dan lain-lain. Begitu juga dalam beroraganisasi sangat penting rasa kebersamaan agar bisa berjalan harmonis. Salah satu langkah nyata yang dilakukan oleh ibu  Aisyah S.Pd.SD  sebagai  kepala Sekolah SDN Pondokcina 3 dalam “Menanamkan Rasa Kebersamaan Tim Kerja “  adalah dengan memberikan motivasi dan penghargaan. Memberikan kesempatan untuk  berkembang ke arah yang positif.

Apa makna yang terkandung dalam kebersamaan ? Momen kebersamaan tidak  harus  tercipta   dari hal-hal yang mahal  tapi  dari hal kecil dan tindakan sederhana  seperti arisan keluarga Poncin 3, tidak dihitung berapa besarnya tapi disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Makan bersama dalam satu nampan atau daun pisang (Botram) dari kita untuk kita. Ini ada hal-hal yang biasa tapi kesan yang tercipta sangat dalam, dan  akan terus diingat  meskipun hubungan kerja akan berakhir sebab  mutasi atau  pensiun, karena kebahagiaan   akan tetap abadi dalam kenangan.

Jika sekolah itu  diibaratkan sebagai  manusia, maka sekolah memiliki dua unsur yaitu jasmani dan rohani. Sekolah sebagai jasmani berupa wujud gedung ,sarana dan prasarana sedangkan rohaninya adalah sumber daya manusia.Santapan rohani diwujudkan dengan kebersamaan dalam keberagaman  yang mampu membuat  suasana hati   menjadi  gembira, terjalin rasa persaudaraan, tercipta rasa saling menghargai, kenyamanan, persatuan  dan sumber keberkahan. Semoga Allah  SWT  memudahkan dan melancarkan pelaksanaan semua program  di SDN Pondokcina 3, Kecamatan Beji Kota Depok. **

Marhaban Ya Ramadhan , Mohon maaf lahir dan bathin. Salam sehat dari keluarga besar SDN Pondokcina 3.

 

Eni Yuhaeni,S.Pd (UPTD SDN Pondokcina 3, Depok)

Tinggalkan Pesan

1 comment

Anonymous 02/04/2022 - 6:14 pm

Semoga musibah ini segera berlalu, dan kehidupan berjalan normal kembali, aamiin.

Reply

Artikel Terkait