Kelompok Dosen Prodi BISPRO PNJ Laksanakan Pengabdian Tentang Penulisan Surat

by Redaksi
0 Komentar 279 Pembaca

Ketua RW 02 Beji Timur memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih dengan kehadiran Tim Pengabdian Prodi BISPRO-PNJ di wilayahnya.

SWARA PENDIDIKAN (BEJI, DEPOK) – Tim Pengabdian Program Studi Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional Politeknik Negeri Jakarta (Prodi BISPRO-PNJ) kembali melaksanakan pengabdian di RW 02 Beji Timur Depok Jawa Barat. Bertajuk “Penguatan Keterampilan Menulis Surat Berbasis Genre”. Pada Kamis (18/08/22)  kemarin.

Kegiatan yang di dimoderatori Riza Hadikusma, M.Ag. dimulai pukul 08.00-12.00 WIB. Diikuti sekira 30 peserta. Dengan narasumber Dr. Supriatnoko, dosen senior Prodi Bispro dengan track record pengajaran mata kuliah Bahasa Inggris dan penelitian bidang Sosiolinguistik.

Dr. Supriatnoko yang berpengalaman mengkonsep surat-surat penting. Menjelaskan pentingnya keterampilan dalam menulis surat. Mulai dari bentuk surat, bagian surat, dan cara mengubah surat dengan bentuk resmi ke bentuk setengan lurus dan bentuk lurus penuh.

“Dalam menulis surat diperlukan kecermatan dan ketelitian agar surat dapat menyampaikan gagasan secara tepat, rapi, dan tidak miss undersatanding secara gagasan,” terangnya.

Para peserta yang terdiri dari pengurus RW, RT, serta pengurus karang taruna terlihat begitu antusias mendengarkan penjelasan Dr. Supriatnoko yang begitu gamblang.

Sementara itu, Ketua Pengabdian Kelompok Dosen Prodi Bispro skema Penerapan Ipteks Berbasis Masyarakat, Dr. Nur Hasyim, menyampaikan bahwa pemahaman penulisan surat sangat penting.

“Walaupun surat sering hanya dipandang sebelah mata. Faktanya, kantor pemerintah atau perusahaan setiap hari, hampir selalu membuat surat untuk kepentingan proses bisnisnya. Itu artinya bahwa keterampilan menulis surat sangat penting dikuasai,” tuturnya.

Dr. Nur Hasyim menambahkan, pendekatan genre dipilih sebagai salah satu penguatan dalam rangka menulis surat. Sebab menurutnya, genre adalah konsep yang memberikan pencerahan tentang substansi sebuah teks, antara lain mendeskripsikan atau memberi argumentasi. Dan, teks berupa surat pada umumnya adalah mendeskripsikan dan memberikan argumentasi atas sesuatu yang dideskripsikan atau dijelaskan. Imbuhnya.

Tempat yang sama, Ketua RW 02 Beji Timur yang ikut menjadi peserta memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih dengan kehadiran Tim Pengabdian Prodi BISPRO-PNJ di wilayahnya.

Dia mengatakan, pembekalan tentang penulisan surat bagi para pengurus RW, RT, dan juga Karang Taruna sangat bermanfaat sekali. Apalagi menurutnya, kegiatan pengabdian Prodi BISPRO-PNJ di tahun 2022 ini merupakan kelanjutan pengabdian tahun 2021 dengan materi Proposal Kegiatan.

Tim Pengabdian BISPRO-PNJ memberikan bantuan hibah berupa AC.

Diakhir acara, Tim Pengabdian Program Studi Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional Politeknik Negeri Jakarta (Prodi BISPRO-PNJ) juga memberikan bantuan hibah berupa Air Condition (AC).

Atas bantuan tersebut, Ketua RW 02 Beji Timur kembali mengucapkan terimakasih tak terhingga.

“Semoga kegiatan Tim Pengabdian BISPRO-PNJ ini bermanfaat dan menjadi amal salih,” ucapnya. **

 

Pengirim:  Dr. Nur Hasyim

Baca juga

Tinggalkan Komentar