Beranda » PROFIL SEKOLAH » Kelas Inspirasi Dorong Semangat Belajar Siswa

Kelas Inspirasi Dorong Semangat Belajar Siswa

by Redaksi
0 comment 472 Pembaca

Swara Pendidikan.co.id (Sukmajaya, Depok) – Beragam cara dilakukan sekolah untuk memotivasi semangat belajar siswa, termasuk upaya meningkatkan pengetahuan siswa. Cara ini tidak melulu diberikan melalui mata pelajaran yang baku.

Seperti yang dilakukan oleh SMP Negeri 3 Depok yang berlokasi di Jl. Barito Raya No.3, Bakti Jaya, Kec. Sukmajaya, Depok. Caranya pun unik. Yaitu dengan menghiasi ruang dinding kelas yang dikerjakan oleh siswa perkelas masing-masing. Paduan warna, gambar, dan desain yang indah membuat suasana kelas menjadi menarik, yang memanjakan mata.

“Ide ini sebenarnya datang dari korlas (koordinator kelas) masing-masing. mereka meminta izin agar ada suasana baru diruang kelas saat nanti dimulainya Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) 100 persen,” ungkap kepala SMPN 3 Depok, Ety Kuswandarini.

“Iya, tentu kita izinkan dong, wong itu untuk kebaikan siswa didik kita juga, tapi kita tentukan tema dan topiknya. Temanya “kelasku inspirasiku”. Untuk topik lukisannya, “Nusantara”. Jadi, di masing-masing kelas, lukisannya berbeda-beda,” ujar Kepsek Ety Kuswandarini.

“Ada lukisan candi, wayang kulit, pepohonan, bata tersusun, rumah adat tradisional, wanita Kalimantan. Intinya setiap kelas masing-masing beda-beda. Semua yang buat siswa itu sendiri. Mulai dari kelas 7 sampai kelas 9,” paparnya.

Ety menambahkan, kegiatan ini dibuat anak-anak saat liburan semester ganjil kemarin. Jadi saat mereka mulai masuk semester genap, ruang kelas mereka sudah beda. Dari yang sebelumnya polos, sekarang dinding kelasnya semarak dengan berbagai ornament lukisan.

Ety juga menyebut, untuk dananya sendiri, inisiatif anak-anak. Dari kas yang mereka kumpulkan. Sekolah tidak memungut biaya sepeserpun.

Ety mengatakan, awal masuk sekolah pada 24 Januari kemarin, banyak siswa yang betah berlama-lama di dalam kelasnya, walaupun jam pelajaran sudah selesai. Siswa-siswa foto selfi bersama dengan latar belakang lukisan mural yang menjadi latar fotonya. (agus)

Tinggalkan Pesan

Artikel Terkait