Karyawan XL Axiata Bangun Sarana Air Bersih di Brebes

by Redaksi
0 Komentar 118 Pembaca

Swara Pendidikan (Brebes, Jawa Tengah) – Di penghujung tahun  2023, karyawan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui Majelis Taklim XL Axiata (MTXL Axiata) kembali meresmikan proyek sarana air bersih di Kabupaten Brebes, pada hari Sabtu (16/12/23)  berlokasi di Masjid Baitul Rohman, Dusun Kertasari, Banjarharjo, Brebes, Jawa Tengah. Hadir dalam peresmian ini beberapa pengurus pusat MTXL Axiata dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua Majelis Taklim XL Axiata Pusat, Yanuar Tirta Kumaya mengatakan, satu lagi sarana air bersih telah selesai dibangun di Brebes, Jateng. Tentunya ini untuk kepentingan masyarakat desa dan sekitarnya.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu realisasi pembangunan proyek sarana air besih terakhir di tahun ini. Suatu kebanggan tersendiri bagi manajemen dan karyawan XL Axiata bisa langsung membangunkan fasilitas umum yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Dusun Kertasari, Brebes,” kata Yanuar Tirta Kumaya.

Pembangunan sarana air bersih tersebut telah melewati tahap survei dan penilaian. Tentunya dengan mempertimbangkan kondisi wilayah dan masyarakat yang membutuhkan air bersih. Sejauh ini, Dusun Kertasari hanya mengandalkan satu sumber mata air dari pegunungan, itupun sering terkendala tidak mendapatkan air bersih ketika musim kemarau tiba. Wilayah ini terbilang sulit untuk mencari sumber air bersih karena tekstur tanah yang berbukit. Mata pencaharian dan kondisi masyarakat di dusun ini pun didominasi oleh petani, buruh, pedagang, serta kalangan lansia.

Sepanjang tahun 2023, MTXL Axiata telah membuktikan komitmennya dengan membangun sarana sarana air bersih di lima daerah, yaitu Kab. Banyuasin di Sumsel, Kota Makassar di Sulsel, Kab. Dair dan Kab. Sidikalang di Sumut, dan terakhir Kab. Brebes Jateng. Insya Allah program pembangunan sarana air bersih serupa akan dibangun kembali tahun depan dengan target 1 titik di masing-masing provinsi. Pembangunan ini berasal dari dana zakat dan infaq dari manajemen dan karyawan XL Axiata. XL Axiata berkomitmen untuk terus memperbesar kontribusi kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian melalui program-program seperti ini, jelas Yanuar lebih jauh.

MTXL Axiata bekerjasama dengan Inisiatif Zakat Infonesia (IZI) untuk proyek pembangunan sarana air bersih berupa sumur bor, pipanisasi, tiang toren, dan tandon/toren penampungan air bersih. Fasilitas sarana air bersih yang berada di Desa Kertasari ini sudah lama diharapkan oleh masyarakat setempat. Di desa ini ada sebanyak 70 kepala keluarga dengan total sekitar 200 jiwa yang sudah dapat menggunakan air bersih baik untuk kebutuhan beribadah, mandi, hingga mencuci pakaian. Pembangunan air bersih di Dusun Kertasari, Brebes ini berlangsung selama 2 pekan. Dimulai tanggal 30 Oktober 2023 dan selesai pada tanggal 10 November 2023.

Sarana air bersih yang dibangun ini telah menggunakan teknologi alat pendeteksi titik sumber air dan mesin pengeboran. Manfaatnya lebih mudah untuk mendeteksi lokasi sumber air untuk pengeboran dan meminimalisir kesalahan titik pengeboran. Selain itu, dilengkapi juga dengan teknologi filterisasi yang mampu menyediakan air bersih yang layak pakai untuk berbagai kebutuhan sehari-hari.

Dengan bantuan sarana air bersih ini, masyarakat dimudahkan dalam mendapatkan air bersih karena adanya pipanisasi yang langsung disalurkan ke rumah-rumah warga, sehingga tidak perlu antri untuk mengambil air bersih untuk digunakan beribadah dan kebutuhan sehari-hari.

Sama seperti pembangunan di daerah lainnya, dana pembangunan sarana air bersih di dusun Kertasari, Brebes ini merupakan dana zakat dan infaq dari manajemen dan karyawan XL Axiata yang dikelola oleh Majelis Ta’lim XL Axiata untuk disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima. MTXL Axiata berupaya terus sebar kebaikan untuk menjalin silaturahmi dengan kelompok masyarakat berbagai kalangan dan berbagai daerah. **

Baca juga

Tinggalkan Komentar