K3S Sosialisasi Manfaat Penggunaan Aplikasi e-Raport Bagi Operator Sekolah se-Sukmajaya

by Redaksi
0 Komentar 38 Pembaca

Ketua K3S Kecamatan Sukmajaya, Arif Suryadi M.Pd (tengah) memberikan saat membuka resmi sosialisasi manfaat penggunaan aplikasi e-raport bagi para operator sekolah negeri dan swasta se Sukmajaya dinSDN Baktijaya 3 padanRabu, 26 Juni 2024.

Swara Pendidikan (Sukmajaya, Depok)-  K3S Sukmajaya mengadakan sosialisasi e- raport kepada para operator sekolah  dari 56 sekolah negeri dan swasta  di SDN Baktijaya 3 pada Rabu, 26 Juni 2024.

Kegiatan sosialisasi terkait link dari Dapodik untuk  input data sekolah, salah satunya pengisian nilai raport sekolah, dibuka resmi oleh Ketua Kekompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Sukmajaya, Arif Suryadi dengan menghadirkan nara sumber Pengawas Pembina SD Gugus 2 dan 3, Tuti Suparyati M.Pd.

Arif Suryadi mengatakan, sosialisasi ini lebih kepada informasi teknis pengisian e-raport di Dapodik, yang nantinya operator bisa menyampaikan kepada guru-guru.

“Jadi operator sekolah mempunyai tanggungjawab besar untuk bisa menyampaikan kepada guru-guru informasi terkait cara pengisian e-raport,” tandas Arif

Mengenai server e-raport Dapodik, Arif menjelaskan servernya nanti adanya di sekolah masing-masing. “Hal ini sudah menjadi kebijakan dari Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan dan Ristek,” ujarnya.

Nara sumber, Pengawas Pembina SD Gugus 2dan 3, Tuti Suparyati M.Pd menerangkan, sosialisasi ini terkait dengan link Dapodik agar data-data sekolah ter-input dengan baik, diantaranya  manfaat penggunaan aplikasi e- raport.

” Tidak dengan mudah memberikan nilai raport, tetapi sesuai pelajaran yang diberikan dan dikelola guru, sehingga  raport pun terangkum dengan baik,” jelas Tuti.

Tuti menambahkan,  para operator sekolah harus mampu mendesiminasi kepada guru kelas.  “Pengisian e-raport tidak mungkin dilakukan hanya seorang operator, tapi harus dibantu guru kelas. Makanya nantinya para operator akan memberikan bimbingan cara pengisian nilai e-raport,”  sambungnya.

Menurutnya, sosialisasi ini sangat bermanfaat untuk para operator agar memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai aplikasi pengisian e-raport.

” Jadi nanti para operator mendesiminasi kepada para guru di sekolah masing-masing,” pungkas Tuti. (Jaya)

Baca juga

Tinggalkan Komentar