Jelang UNBK SMPN 9 Balikpapan Lakukan Pemetaan Siswa

by Redaksi
0 Komentar 693 Pembaca

Ida Putu Sujana, kepsek SMPN 9 Balikpapan

Swara Pendidikan.co.id (BALIKPAPAN) – Jelang pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun pelajaran 2018-2019, SMP Negeri 9 Balikpapan melakukan pemetaan mata pelajaran (mapel)yang akan di UN kan.

“Kita petakan berdasarkan 4 mapel, bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris dan IPA yang kemudian kita berikan tes sesuai mapel tersebut. Setelah itu kita lihat mana mata pelajaran yang nilainya rendah, sedang, dan tinggi. Lalu kita berikan bimbingan untuk masing-masing mapel. Untuk kelas nilainya rendah diberikan materi soal yang mudah, targetnya anak bisa mengerjakan soal. untuk kelas yang nilainya sedang diberikan soal yang standar, dan kelas yang nilainya tinggi kita berikan soal yang standar tinggi dengan target nilainya bisa lebih maksimal. Dengan pemetaan ini diharapkan tidak ada lagi siswa yang memperoleh nilai satu (1), minimal bisa meraih nilai 3,5,” papar kepala SMP Negeri 9 Balikpapan Ida Putu Sujana diruang kerjanya kemarin.

Dia menambahkan, setelah pemetaan siswa, kita juga adakan try out pertama di awal Pebruari dan Pra UN awal Maret 2019. “Try out kedua juga kita berikan untuk melihat hasil try out pertama. Sedangkan Pra UN merupakan gambaran UNBK sesungguhnya,” sambungnya.

Lebih jauh dikatakan Putu, untuk pelaksanaan USBN akan dimulai pada 8 – 13 April, kemudian dilanjut UNBK pada 22-25 April 2019.

“Harapannya 376 siswa yang nanti akan mengikuti UNBK, lulus 100 persen, dan saat pelaksanaannya juga berjalan lancar dan tidak ada kendala,” tutup Ida Putu Sujana. (ton)

Baca juga

Tinggalkan Komentar