Jelang Pelulusan, SMP Terpadu Baitul Hikmah Wajibkan Siswa Kelas 9 Selesaikan Ujian Life Skill Seni

by Redaksi
0 Komentar 43 Pembaca

siswa-siswi kelas 9 SMP Terpadu Baitul Hikmah laksanakan Ujian Life Skill Seni

Swara Pendidikan (Bojongsari, Depok)-  Menjelang kelulusan, siswa-siswi kelas 9 SMP Terpadu Baitul Hikmah harus melewati berbagai tahapan ujian, salah satunya adalah Ujian Life Skill yang merupakan program unggulan sekolah.

Ujian Life Skill dilaksanakan selama 6 hari beberapa waktu lalu dengan mata ujian; Praktik Ibadah, Juz Amma, IT (Information Technology), Public Speaking, Leadership, dan Seni. Sebelumnya para siswa juga sudah  menyelesaikan Ujian Praktik (UPRAK) pada 30 April hingga 7 Mei 2024,

Aspek ujian Life Skill yang menarik adalah Life Skill Seni. Siswa diminta  untuk membuat pakaian dari bahan bekas seperti botol, kardus, plastik, dan lain-lain.

SMP Terpadu Baitul Hikmah Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar keterampilan seni, tetapi juga nilai penting seperti kreativitas dan kesadaran lingkungan.

Menurut salah seorang siswa kelas 9, Ghina, bahwa  ujian Life Skill memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi, ada bagian yang mudah dan ada yang sulit.

“Persiapan kami tidak hanya belajar, tetapi juga tawakal dan doa dari orang tua yang sangat membantu,” kata Dia.

Hal yang sama disampaikan Sofia,  dari ujian Life Skill dirinya belajar bahwa di balik kesenangan selalu ada ujian atau kesulitan yang harus dilewati.

“ Pokoknya jangan mudah menyerah dan selalu berdoa serta bertawakal kepada Allah SWT,” kata Sofia.

Naziva, siswa lainnya juga mengatakan bahwa ujian ini tidak terlalu sulit karena sebagian tugas  dapat diselesaikan di rumah.

“Saat ujian, kami hanya perlu menyelesaikan yang sudah kami mulai di rumah,” ucapnya.

SMP Terpadu Baitul Hikmah mengadakan Ujian Life Skill bertujuan untuk membekali siswa dengan berbagai keterampilan praktis yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

“ Dengan adanya dukungan dari sekolah dan orang tua, diharapkan siswa dapat menghadapi ujian ini dengan lebih siap dan percaya diri,” pungkasnya.

Oleh      : Dita & May

Editor   : NJ Saputra

Baca juga

Tinggalkan Komentar