Ini Rencana Erwin Sofan Setelah Resmi Pimpin SDN Sawangan 05

by Redaksi
0 Komentar 197 Pembaca

Swara Pendidikan(Sawangan, Depok) – Erwin Sofan salah satu sosok guru penggerak di Depok yang mendapatkan promosi menjadi Kepala Sekolah. Erwin Sofan resmi setelah dilantik wali kota Depok, pada 23 November 2023 lalu menjadi Kepala SD Negeri Sawangan 05.

Erwin mengatakan sudah punya strategi untuk membangun dan meningkatkan mutu pendidikan di SDN Sawangan 05. “Hal pertama yang akan saya lakukan setelah melihat rapor pendidikan, salah satu yang harus di tingkatkan di SDN Sawangan 05 adalah literasi,” kata Erwin Sofan kepada Awak Swarapendidikan di kantornya. Sabtu (23/12/23).

Erwin menjelaskan strateginya meningkatkan literasi baik untuk guru maupun siswa. “Caranya dengan menyediakan pojok baca di ruang perpustakaan dan di ruang kelas, menghidupkan jadwal perpustakaan. Saya akan membagikan buku-buku yang disukai oleh anak-anak biar tambah semangat membacanya,” paparnya

Kemudian, setelah terlihat kesadaran dan semangat baca, seterusnya merencanakan tempat atau ruang khusus supaya anak-anak bisa menceritakan apa telah dibaca, “dalam hal ini tentu saya harus  berkoordinasi dengan dewan guru,” ujar Erwin.

Selanjutnya, melatih keberanian dan kepercayaan diri siswa. Selesai upacara setiap hari Senin akan memberikan waktu selama 15 menit kepada 1 sampai 3 siswa untuk menceritakan apa yang telah dibaca di depan teman-temannya.

Selainnya Erwin menambahkan,  program meningkatkan kekuatan spritual yang ada disekolah, dengan caranya meningkatkan kompetensi guru agama yang potensial. “Nanti saya akan adakan ekskul BTQ di Musholla, sehingga bisa mewujudkan visi sekolah yang religious.” imbuhnya

Namun hal itu tidak akan terwujud tanpa ada kerjasama dengan para guru. Hal tak kalah penting menurut Erwin, kerjasama  dengan para orang tua murid, membangun komunikasi yang baik dalam merealisasikan semua rencana.

“Insya Allah bisa terlaksana dengan baik apa yang diprogramkan, meningkatkan mutu dan kualitas sekolah dapat tercapai,” harapnya.

Di libur panjang sekolah, Erwin meminta para guru untuk tetap masuk dan bisa menata, merapihkan tempat kerja biar nanti  masuk sekolah lagi dapat suasana baru dan tambah semangat bekerjanya.

kesempatan ini juga, Erwin menghimbau kepada orang tua dan anak-anak didiknya dalam menghadapi libur panjang  untuk mengisi kegiatan bermanfaat, tidak hanya di isi dengan jalan-jalan dan bermain saja.

“Untuk orang tua agar selalu mengawasi putra putrinya ketika bermain dan mengisi liburan ini, ” tandasnya. (Ameer)

Baca juga

Tinggalkan Komentar