Ini Kegiatan SDN RRI Cisalak Selama Ramadhan 1445 Hijriah

by Redaksi
0 Komentar 27 Pembaca

Swara Pendidikan ( Cimanggis, Depok) – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Sekolah Dasar Negeri RRI Cisalak bekerjasama dengan Komite, kordinator kelas, serta wali murid menggelar sejumlah kegiatan keagamaan dan tebar keberkahan pada momentum Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Di antaranya,  pesantren kilat, santunan yatim dan duafa, buka puasa bersama dan berbagi takjil kepada warga sekitar dan pengguna jalan, serta memberikan santunan dan paket sembako kepada tenaga (honorer) pendidik dan kependidikan yang ada di lingkungan sekolah.

“Rangkaian kegiatan Ramadan 1445 H diawali dengan pesantren kilat (sanlat) ramadhan,” ungkap Kepala UPTD SDN RRI Cisalak, Arif  Suryadi.

“Sanlat digelar selama tiga hari, dimulai dengan sholat Dhuha bersama selanjutnya mendengar kan tausiah hasanah diikuti oleh seluruh siswa dengan bimbingan ustadz Muhammad Thohir, Guru Agama Islam SDN RRI Cisalak dan guru guru lainnya,” terangnya.

‘Selanjutnya, kegiatan kedua yaitu buka puasa bersama dan  berbagi takjil oleh anak-anak kelas 3 sampai dengan kelas 6,  yang dibagikan sore hari pukul 17.00 di depan sekolah. Di lanjutkan dengan mendengarkan tausiyah ramadhan serta buka puasa bersama di sekolah pada 2 April 2024,” imbuhnya.

Dikatakan Kepala UPTD SDN RRI Cisalak, Arif  Suryadi. Rangkaian kegiatan Ramadan SDN RRI Cisalak dimulai dengan mengikuti program Disdik berbagi, sesuai imbauan dinas pendidikan kota Depok yang dilakukan secara virtual yang dibuka oleh Wakil Walikota Depok , pada 28  Maret 2024 lalu,  selanjutnya serentak sekolah sekolah memberikan santunan serta paket sembako kepada yatim piatu dan dhuafa di sekolah masing masing, dan di SDN RRI Cisalak sendiri ada 25  anak yatim serta 60  anak dhuafa yang menerima santunan.

Selain memberikan santunan,  Arif juga membagikan 7 paket sembako.Yang disalurkan kepada tenaga kependidikan honorer yang ada di sekolah,

“Donatur dari kegiatan berbagi diperoleh urunan para ASN di sekolah dan dari hasil pengumpulan zakat fitrah seluruh murid serta orang tua, pendidik dan tenaga pendidik SDN RRI Cisalak,” rinci Arif.

Arif menyebut, kegiatan berbagi seperti ini dapat melatih para siswa dalam menumbuhkan nilai sosial sejak dini serta membiasakan rasa peduli terhadap sesama serta menjalin persaudaraan.

Ia berharap acara serupa dapat diadakan tiap tahunnya dan jumlah penerima santunan ke depan juga dapat bertambah.

Senada, Ketua Komite SDN RRI Cisalak, Indah Budiarti saat  hadir diacara berbuka , menambahkan, dalam agama Islam menyantuni anak yatim merupakan suatu kegiatan yang benar-benar sangat dianjurkan.

“Apalagi dibulan yang penuh kemuliaan dan barokah ini yang pahalanya berpuluh puluh kali lipat. Dan dalam Islam orang-orang yang memberikan santunan untuk anak yatim akan mendapatkan tempat tersendiri di dalam surga nantinya,” tutur Indah.

“Semoga kita semua dapat merasakan keberkahan dan hikmah dari bulan suci  Ramadan tahun ini, aamiin ,” ujar Arif menambahkan.

Tak lupa, dipenghujung Ramadhan 1445 H, Arif  Suryadi atas nama pribadi serta mewakili keluarga besar dan warga belajar SDN RRI Cisalak menyampaikan ucapan “Selamat Hari Raya, 1 Syawal 1445 Hijriah, Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin”. **

Penulis : Arif Suryadi

Editor : Agus

Baca juga

Tinggalkan Komentar