Hari Pertama PPDB Online Bikin Pusing Operator Sekolah Gegara Server Down

by Redaksi
0 Komentar 162 Pembaca

Petugas operator sekolah input PPDB Online sistem Zonasi. (FT.Doc Jy)

Swara Pendidikan (Depok)- Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Sukmajaya, Arif Suryadi menyesalkan terjadi masalah Server Down. Hal ini terkait keluhan para operator sekolah yang kepusingan menghadapi server bermasalah sejak Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB)  hari pertama dibuka sejak pukul 07:00 hingga pukul 13:00 pada  Senin, 3 Juni 2024.

Dalam hal  kendala bagi operator sekolah untuk mengakses dan memverifikasi data PPDB calon siswa, Arif memberikan beberapa saran agar kejadian ini tidak terulang lagi kedepannya.

‘Persiapan kedepannya harus lebih matang. Pihak yang bertanggung jawab atas server PPDB online harus melakukan evaluasi, termasuk peningkatan kapasitas server dan uji coba sistem sebelum hari pelaksanaan untuk mengantisipasi lonjakan akses,” kata Arif pada Senin Siang, 3 Juni 2024.

Kemudian kata Arif, perlu adanya Komunikasi yang Efektif antara pihak penyelenggara PPDB online dengan sekolah dan calon siswa.

“Informasi terkait kendala teknis dan upaya perbaikannya, sebaiknya disampaikan secara cepat dan transparan agar semua pihak dapat mengetahui situasi terkini,” tegasnya.

Selanjutnya, Penyediaan tim bantuan teknis yang cepat, siap sedia untuk membantu operator sekolah dalam mengatasi masalah teknis sangat diperlukan. Menurut Arif, hal ini dapat mengurangi waktu tunggu dan mempercepat proses verifikasi data calon siswa.

“Perpanjangan Waktu Pendaftaran. Jika kendala teknis ini berlangsung cukup lama, ada baiknya untuk mempertimbangkan perpanjangan waktu pendaftaran agar semua calon siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendaftar,” sambungnya.

Terakhir kata Arif, harus ada Evaluasi  setelah masa pendaftaran berakhir. “Jadikan ini sebagai pembelajaran dan lakukan evaluasi menyeluruh untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusi jangka panjang,” imbuhnya.

Dia berharap kendala serupa tidak terulang di masa mendatang. “Semoga masalah teknis ini dapat segera diatasi dan proses PPDB online dapat berjalan lancar sehingga semua calon siswa dapat mendaftar dengan baik,” harapnya.

Sementara, hal yang sama disesalkan juga oleh Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Cipayung, Hj. Nurhayati saat dikonfirmasi melalui jaringan selulernya. Dia mengatakan hal ini sudah diprediksi akan terjadi.

“Saya prediksikan sejak awal bahwa akan terjadi kendala seperti ini,” katanya.

Menurutnya,  sistem ini belum menggambarkan satu system yang efektif dan efisien dalam PPDB  tahun ini.

“Tenyata Sistem ini belum menjadi solusi terbaik. Anggap saja ini masih uji coba system,” tungkasnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kadisdik Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengakui sistemnya down, namun  sudah dikoordinasikan dengan Pusdatin dan pihak terkait lainnya.

“Tadi sudah bisa diakses lagi, yang lapor ke saya jam 12-an,” tandas Siti. (Jaya)

 

Baca juga

Tinggalkan Komentar