Hadiri Pembukaan UKW, Ini Pesan Kadiskominfo Depok

by Redaksi
0 Komentar 433 Pembaca

Kadiskominfo Depok, Manto Jorghi menjadi narasumber pada kegiatan UKW di Zam-zam Tower, Margonda, Depok, Rabu (15/03/23).

Swara Pendidikan (Depok) – Kepala  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Manto Jorghi memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat dan Kota Depok atas terselenggaranya uji kompetensi wartawan (UKW) angkatan 56,57, dan 58  yang digelar di Zam-zam Tower, Margonda, Depok, Rabu (15/03/23).

Dia berharap melalui UKW ini, teman-teman media khususnya yang bertugas di Kota Depok semakin profesional dalam menghasilkan produk jurnalistik yang kompeten, berimbang, responsif gender dan ramah anak.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri dan memberikan sambutan pada kegiatan Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan oleh PWI Jawa Barat.

Kadiskominfo menyebut bahwa jurnalistik merupakan seni dan keterampilan.

“Seni disini artinya adalah keterampilan dalam mencari, mengumpulkan, mengolah, menyusun dan menyajikan berita tentang peristiwa yang terjadi sehari-hari,” jelasnya.

Secara konseptual, lanjut dia, jurnalistik dapat dilihat dari tiga sudut pandang. Sebagai proses, teknik, dan ilmu.

“Sebagai proses, jurnalistik adalah aktivitas mencari, mengolah, menulis, dan menyebarluaskan informasi kepada publik melalui media massa.

“Sebagai teknik, jurnalistik adalah keahlian atau keterampilan menulis karya jurnalistik termasuk keahlian dalam pengumpulan bahan penulisan. Seperti reportase dan wawancara.

Sebagai ilmu, jurnalistik adalah bidang kajian mengenai pembuatan dan penyebarluasan informasi. Baik peristiwa, opini, pemikiran maupun ide melalui media massa,” paparnya.

Kadis Kominfo Kota Depok Manto (kedua dari kanan) foto bersama dengan Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat (kedua dari kiri) dan Ketua PWI Kota Depok Rusdy Nurdiansyah (kiri pada kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di di Zam-zam Tower, Margonda, Depok, Rabu (15/03/23).

Dia menambahkan, proses kerja-kerja jurnalistik juga diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

“Jadi jelas bahwa Pers memiliki payung hukum yang kuat,” tandasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, kami apresiasi kerja-kerja jurnalistik yang profesional dan kompeten.

Kadiskominfo juga berharap, hubungan yang baik antara wartawan dan Pemkot Depok terus terjalin. (gus)

Baca juga

Tinggalkan Komentar