FLS2N DAN O2SN SMP TINGKAT KABUPATEN KOTABARU TAHUN 2016 DIGELAR

by Deddy@mier
0 Komentar 1265 Pembaca
Acara Pembukaan FLS2N dan O2SN SMP tingkat Kab. Kotabaru tahun 2016 oleh Sekretaris Diknas Kotabaru

Acara Pembukaan FLS2N dan O2SN SMP tingkat Kab. Kotabaru tahun 2016 oleh Sekretaris Diknas Kotabaru

SWARA PENDIDIKAN.CO.ID (Kotabaru, Kalsel).  Festival & Lomba Seni Siswa Nasional ( FLS2N ) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional ( O2SN ) SMP tingkat Kabupaten Kotabaru hari ini, Sabtu 16/04/16, dibuka secara resmi di halaman SMPN 1 Kotabaru. Pembukaan acara yang seyogyanya dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotabaru, Drs. H. Joni Anwar, MAP namun karena Ibunda dari Kepala Dinas,Hj. Asmah, meninggal dunia di RSU H. Badarudin Tanjung Kabupaten Tabalong sekitar pukul 19.00 wita tadi malam, maka beliau berhalangan untuk hadir dalam acara pembukaan FLS2N dan O2SN SMP Tingkat Kabupaten Kotabaru ini. Sebelum acara pembukaan, Sekretaris Diknas Kotabaru yang mewakili Kepala Dinas, Selamat Riyadi, S,Pd.,MAP bersama segenap jajaran Diknas Kotabaru dan para peserta FLS2N dan O2SN serta para guru pendamping mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya ibunda dari Drs. H. Joni Anwar, MAP.

Dalam sambutannya, Selamat Riyadi, S.Pd.,MAP atas nama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  juga mengatakan agar para siswa yang ikut dalam acara FLS2N dan O2SN ini agar menjaga sportifitas dan persatuan agar hasil yang didapat nantinya menjadi satu kebanggaan bagi sekolah dan bagi Kabupaten Kotabaru secara umum, serta untuk meningkatkan prestasi yang dicapai ke jenjang yang lebih tinggi yanki tingkat Provinsi dan tingkat nasional.

Para pelajar peserta FLS2N dan O2SN dari 50 SMP sekabupaten Kotabaru

Para pelajar peserta FLS2N dan O2SN dari 50 SMP sekabupaten Kotabaru

FLS2N dan O2SN SMP tingkat Kabupaten Kotabaru tahun 2016 ini digelar dengan dilatarbelakangi Pendidikan yang sepenuhnya diarahkan untuk membentuk manusia seutuhnya sebagai bagian pembentukan budi pekerti, pendidikan dalam memberi kontribusi besar terhadap pembentukan jati diri, sikap dan mental terpuji yang berakar pada nilai-nilai budaya bangsa. Mutu pendidikan akan lebih efektif bila di tunjang dengan kondisi kesehatan dan kreatifitas yang baik, salah asatu cara peningkatan kondisi kesehatan dan kreatifitas siswa adalah antara lain dengan olahraga dan kesenian.

Kegiatan ini merupakan wahan untuk pembinaan jasmani, kesehatan, prestasi dan aktivitas kesenian siswa dalam membangkitkan potensi dan talenta peserta didik.

Lomba ini juga bertujuan untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap bidang olahraga dan kesenian, juga untuk meningkatkan kecakapan kolaboratif, kooperatif, kesehatan jasmani dan mutu pendidikan. Serta untuk meningkatkan kondisi kompetitif secara sehat, sportif dan bertanggungjawab, selain untuk mengembangkan Minat, Bakat dan Kreatifitas siswa dibidang olahraga dan kesenian serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar siswa diseluruh Indonesia.

Atraksi dari Drum band SMPN 1 Kotabaru dalam memeriahkan pembukaan FLS2N dan O2SN SMP tingkat Kabupaten Kotabaru

Atraksi dari Drum band SMPN 1 Kotabaru dalam memeriahkan pembukaan FLS2N dan O2SN SMP tingkat Kabupaten Kotabaru

Kegiatan FLS2N dan O2SN SMP tingkat Kabupaten Kotabaru tahun 2016 ini diikuti oleh 50 SMP/MTs sekabupaten Kotabaru. Peserta O2SN berjumlah 620 peserta dengan 8 cabang olahraga yang akan dipertandingkan, antara lain, Atletik, Renang, Catur, Bulutangkis, Bola Volley, Tenis Meja, Silat dan Karate. Sedangkan untuk FLS2N  diikuti 246 peserta, Bidang yang diperlombakan antara lain, Seni Tari, Musik Tradisional, Vocal Group, Seni Baca Al-Qur’an, Story Telling, Desain Poster, Desain Batik, Baca Puisi, Seni Lukis, Cipta Lagu, Cipta Puisi, dan Cipta Cerpen. Acara yang akan berlangsung selama 3 hari ini di mulai dari tanggal 16 April hingga 18 April 2016 ini bertempat di SMPN 1 Kotabaru yang menjadi tuan rumah.

Pelaksanaa Kegiatan FLS2N dan O2SN SMP tingkat Kabupaten Kotabaru ini sepenuhnya dibiayai oleh APBD Kab. Kotabaru Cq.Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru, Kegiatan Pembinaan Minat, Bakat dan Kreatifitas sisiwa SMP/MTs/SMPLB/SMPT tahun anggaran 2016 dengan mengalokasikan anggaran hampir 200 juta rupiah.

Ketua Panitia yang juga Kepala Bidang Pendidikan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotabaru, Eddy Cahyono, S.Pd.,MAP dalam kesempatan wawancara dengan swarapendidikan.co.id mengatakan ” kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaring atlet-atlet peserta didik yang memiliki kompetensi untuk mengangkat nama sekolah, kecamatan dan Kabupaten Kotabaru ketingkat Provinsi maupun tingkat Nasional. Untuk peserta pada tahun 2016 ini ada 862 peserta, ini jumlah dua kali lipat dari tahun lalu. Pengalaman tahun lalu ada 3 atlet yang kita kirim ketingkat nasional. yaitu pada O2SN di Makassar, FLS2N di Palembang dan Olimpiade Sain di Palu. Tahun ini mudahan akan ada peningkatan untuk mengirim ketingkat nasional. Setelah ada seleksi tingkat kabupaten akan ada lagi seleksi di Provinsi pada bulan Mei nanti” jelas Eddy Cahyono, S.Pd.,MAP. (deddyamier)

Baca juga

Tinggalkan Komentar