FKM UI Resmikan Platform Learning Center PDRC FKM UI & Stunting Resource Center

by Redaksi
0 Komentar 123 Pembaca

Swara Pendidikan (UI, Depok) – Platform  Learning Center Positive Deviance Resource Center (PDRC) FKM UI & Stunting Resource Center (SRC) FKM UI secara resmi diperkenalkan kepada publik, Aula Gedung A, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Kamis (23/11/2023).

Acara peresmian dilakukan oleh Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, disaksikan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia, Scaling up Nutrition (SUN) Academia dan SUN Business Network, Organiasai Profesi, Dunia Usaha, Dinas Kesehatan se-Jabodetabek, dan seluruh peserta pelatihan online yang berasal dari Kab. Muara Enim, Kab. Bone, Kab Kutil Barat, Kab. Kutai Timur, Kab. Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan, Kab. Sumba Timur, dan Kab. Maluku Tengah.

Pengembangan Platform Learning Center PDRC FKM UI merupakan salah satu langkah nyata yang dilakukan oleh kelompok riset Positive Deviance Resource Center (PDRC) FRM UI, bekerjasama dengan PT Indofood Sukses Makmur Tb.k, guna memberikan akses edukasi tanpa sekat jarak dan waktu untuk para tenaga kesehatan dan mitra kesehatan. Kehadiran platform Learning Center PORC FEM UI juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, seperti Universitas YARSI, Universitas Hasanuddin, Universitas Airlangga, dan beberapa Organisasi Profesi (OP), seperti Perhimpunan Dakter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), dan katan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesi (IAKMI)

“Dalam 10 tahun terakhir, stunting merupakan salah satu masalah gizi terbesar pada balita di Indonesia. Sebagai akademisi, kami merasa bertanggungjawab dan perlu mengambil peran untuk dapat memfasilitasi pemberian edukasi atau pelatihan terhadap tenaga kesehatan di Indonesia, mengingat tenaga kesehatan merupakan sumber rujukan informasi tentang kesehatan yang utama dan paling dipercaya oleh masyarakat” ucap Dr. Ir. Asth Setlarini, MSc, Ketua PDRC FKM UI

Beberapa faktor penting terkait kejadian stunting sangat erat dengan perilaku masyarakat sehingga pemberian edukasi yang memadai peran sangat penting dalam merubah perilaku sehat masyarakat.

“Berbagai program yang dilaksanakan di Indonesia sebagian besar termasuk program yang terbukti cost effective dalam menurunkan stunting, seperti pemberian ASI Ekslusif, pemberian makanan pendamping ASI (MPASI), Suplementasi Vitamin A, pencegahan penyakit infeks, imunisasi dasar lengkap, konsumsi TTD pada ibu hamil, dan konsumsi makanan bergizi seimbang oleh ibu hamil. Namun, cakupan program program tersebut masih tergolong rendah yang menujukan bahwa pemahaman tentang stunting dan faktor penyebabnya msih kurang dipahami oleh masyarakat,”  ujar Prof. Endang Achadi, salah satu penggagas pengembangan Platform Learning Center PORC FRM UI.

Saat ini, konten edukasi untuk tenga kesehatan yang sudah dapat diakses pada Platform Learning Center PDRC FKM UI adalah Stunting, Anemia pada Ibu Hamil, dan Pedoman Singkat Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA). Selain itu, mengingat peran kader di masyarakat sangat penting, telah dikembangkan juga video tentang Stunting dan Anemia pada ibu hamil untuk kader. Melalui skema kerjasama dengan pihak swasta, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk., PT Bayan Resources Tbk., dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), dengan pemberian beasiswa kepada tenaga kesehatan untuk dapat belajar secara gratis di platform, konten ini telah dan akan memberikan manfaat luas kepada lebih dari 7000 tenaga kesehatan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Kedepannya, Platform Learning Center PDRC FKM UI akan mengembangkan berbagai konten edukasi lainnya yang diharapkan dapat menjawab kebutuhan tenaga kesehatan dan mitra kesehatan di Indonesia secara luas dalam upaya penurunan stunting dan berbagai masalah gizi lainnya.

Bersamaan dengan dilakukannya launching Platform Learning Center PDRC FKM UI Fakultas Kesehatan Masyarakat, para pakar dari Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat FKM UI dan kluster riset PDRC FKM UI, menginisiasi pendirian kluster riset dan pengabdian masyarakat, Stunting Resource Center (SRC) FKM UI yang didukung oleh PT Bayan Resources Tbk. Pendirian SRC FKM UI tidak terlepas dari rekam jejak para pakar yang telah terlibat dalam berbagai kegiatan kolaboratif terkait 1000 HPK dan stunting, dengan berbagai mitra kerja sama, baik di tingkat nasional maupun internasional. Kegiatan tersebut meliputi advokasi, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, telaah program dan kebijakan global dan nasional terkini, serta pemantauan dan evaluasi program.

Kehadiran SRC FKMUI merupakan bukti nyata kontribusi dunia akademi melalui kolaborasi sinergis dengan dunia usaha untuk dapat terlibat langsung dalam upaya pencegahan dan penanggulangan masalah gizi di Indonesia, khususnya masalah stunting yang saat ini menjadi fokus pembangunan nasional. Di awal berdirinya, SRC FKM UI akan berfokus pada pelatihan tenaga kesehatan dan pemberdayaan kader, serta pengembangan program pendampingan pencegahan stunting di masyarakat, yang didukung oleh PT Bayan Resources Tbk. dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

“Kedepan, SRC FKM UI diharapkan akan menjadi pusat kepakaran untuk kajian kebijakar program pendidikan berkelanjutan, program pelatihan, program kegiatan pendampingan masyarakat, diseminasi informasi, kajian keilmuan terkini serta perkembangan global terkait stunting,” tutup Prof. Endang Achadi, Ketua SRC FKM UI. (agnes)

Baca juga

Tinggalkan Komentar