Firdaus, S.Pd: Market Day, Melatih Jiwa Wirausaha dan Kreativitas Siswa

by Redaksi
0 Komentar 103 Pembaca

Swara Pendidikan (Cinere, Depok)- Untuk pertama kalinya, SD Negeri Pangkalanjati 2  adakan gelar karya  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)) bersamaan dengan market day di halaman sekolah pada kamis, 20 Juni 2024.

Kegiatan diikuti oleh 200 siswa mengusung tema “melatih jiwa berwurausaha dan kreativitas peserta didik”.  Para siswa berkreasi menampilkan gaun yang bahan dasarnya dari daur ulang sampah,  pentas seni dari anak-anak kelas 1 dan kelas 2.

Kepala Sekolah SD Negeri Pangkalanjati 02, Firdaus,S.Pd mengatakan P5 salah satu perwujudan dari implementasi kurikulum merdeka belajar.

“Implementasi nilai-nilai P5, yaitu Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berkebinekaan global, Gotong royong, Mandiri, Bernalar kritis, dan Kreatif,”  terangnya.

Lanjut Firdaus, ketika kita menjadi tenaga pendidik disekolah harus bisa mengarahkan atau menumbuhkan nilai-nilai P5 bukan hanya disekolah tetapi dirumah dan lingkungan.

“Saya menyarankan kepada guru untuk menanamkan nilai-nilai kewirausahan sejak dini melihat nilai-nilai praktek dari apa yang mereka sudah perbuat dan diperoleh dari pelaksanaan P5 ini,” tuturnya.

Firdaus mengkorelasikan nilai-nilai matematika dan kewirausahaan, seperti menghitung uang, berinteraksi kepada konsumen, dan lain lain.

“Kegiatan P5, anak-anak bisa mengaplikasikan dan mengimplementasikan apa yang sudah mereka dapatkan ketika KBM,” ujarnya.

Menurut Firdaus, tidak semua siswa terlibat karena siswa kelas 3 dan kelas 6 masih memakai kurikulum 13. Hanya kelas 1,2,4,5 saja yang ikut kegiatan P5 sesuai dengan kurikulum yang dipakai, yaitu kurikulum merdeka.

“Terimakasih atas dukungan semua pihak, komite, korlas, orang tua wali murid yang selalu mendukung dan turut membantu kegiatan-kegiatan di sekolah,” ucapnya.   (Amer)

Baca juga

Tinggalkan Komentar