FESTIVAL PANEN HASIL BELAJAR PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 8 KOTA DEPOK

by Redaksi
0 Komentar 375 Pembaca

Swara Pendidikan (Cinere, Depok) – Meningkatnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran disekolah merupakan tanda keberhasilan dari program pendidikan guru penggerak. Hal ini terus diupayakan oleh dinas pendidikan Kota Depok.

Dinas pendidikan Kota depok bekerjasama dengan Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Barat  sejak Jum’at hingga Sabtu (1-2 Desember 2023) bertempat di auditorium SMP Islam Dian Didaktika, Cinere, telah menyelenggarakan kegiatan lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 8.

Lokakarya ini sebagai rangkaian kegiatan tatap muka terakhir bersama Pengajar Praktik (PP) dengan tema “Festival Panen Hasil Belajar”. Dimulai dengan kelas belajar pada hari pertama dimana pelakasanaan belajar secara penuh dilakukan dengan metode aktivitas kelompok bersama Pengajar Praktik.

Pada hari kedua dilaksanakan aktivitas kelas berbagi dan pameran hasil belajar. Hadir dalam kegiatan ini pejabat daerah Asisten Pemerintahan dan Kesejahteran Rakyar, Gandara Budiana mewakili Walikota Depok, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Siti Chaerijah Aurijah, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Depok, Sutarno, Kabid Pembinaan SMP Joko Soetrisno, Kabid Pembinaan SD Wawang Buang, KCD Wilayah 2 Bogor, Tim BBGP Provinsi Jabar.

Selain itu, bersama CGP Angkatan 8 dan PP hadir juga beberapa unsur lainnya yakni Perwakilan Kemenag Kota Depok, Ketua PGRI Kota Depok, Ketua BMPS Kota Depok, Ketua DPD AGPAII Kota Depok, Pengawas pembina, kepala Sekolah CGP dan Safrudin selaku penanggungjawab program pendidikan Guru Penggerak Kota Depok.

Para pejabat daerah yang hadir diperkenankan membuka kegiatan dan memberikan sambutan bersama pejabat lainnya serta perwakilan dari BBGP Jabar yang juga menyampaikan sambutan dan laporan kegiatan.

Program PGP ini menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Kota Depok. Dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi, Gandara Budiana (Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat) mengatakan “Saya sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan Festival panen hasil belajar ini, sebagai wujud dari mulai tumbuhnya inovasi dan kreatifitas guru di kota depok, capaian guru ini harus terus ditingkatkan untuk mencapai mutu pendidikan yang lebih tinggi di Kota Depok” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Siti Chaerijah Aurijah yang juga hadir memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut menyampaikan harapannya terhadap peserta program pendidikan guru penggerak kota depok angkatan 8 agar dapat menjadi teladan dalam pembelajaran, “ Saya mengharapkan dari program ini akan muncul guru sebagai pemimpin pembelajaran yang mampu menggerakan ekosistem pendidikan untuk mewujudkan system pembelajaran yang berpusat pada murid ” ujarnya.

Sedangkan Penanggungjawab PPGP Kota Depok, Safrudin, berharap dan berdoa agar CGP angkatan 8 lulus semua dengan mendapatkan nilai yang baik. “bukan hal yang mudah untuk melewati tahapan menjadi guru penggerak, semuanya harus dilewati dengan kesungguhan dan motivasi yang tinggi, serta pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran, semoga kerja keras itu terbayar dengan kelulusan 100 persen” harapnya.

Selanjutnya rangkaian acara ditutup dengan penyampaian komitmen bersama untuk mengaktifkan komunitas belajar di sekolah masing-masing, keseluruhan acara Festival Panen Hasil Belajar PPGP angkatan 8 berjalan dengan penuh khidmat, kemeriahan, ceria, bahagia dan haru.


Pengirim: Syafrudin,

Baca juga

Tinggalkan Komentar