Disdik Monitoring dan Evaluasi LPJ BOS di Kecamatan Cipayung

by Redaksi
0 Komentar 143 Pembaca

 

Swara Pendidikan (Cipayung, Depok) – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok melalui bidang pembinaan SD melakukan pembinaan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) se Kecamatan Cipayung, bertempat di SDN Utan Jaya. Kegiatan yang diikuti oleh 13 kepala SDN, bendahara dan operator sekolah se kecamatan Cipayung. Selasa (7/11/23)

Operator Disdik, Arif Hendrawan menjelaskan kegiatan ini rutin diadakan setiap tahunnya. Dalam seminggu ini Disdik melakukan pendampingan kepada seluruh SD se Kota Depok.

“Mulai dari hari Senin (6/11/23  Sawangan dan Bojongsari, hari Selasa Panmas dan Cipayung, hari Rabu Cilodong dan Sukmajaya, hari Kamis Cimanggis dan Beji, hari Jumat Limo dan Cinere, lalu Senin berikutnya Tapos,” papar Arif.

“Jadi kita melakukan pendampingan ke sekolah untuk mengetahui cara mereka membuat laporan penggunaan uang BOS. Kita lihat hasil kerja sekolah selama 10 bulan ini apa yang mereka laporkan, yang paling utama sih terkait pajak,” jelasnya.

“Disdik bidang SD yang membawahi sekolah dasar dan bagian keuangan, nantinya bagian keuangan mengecek belanja sekolah terkait penggunaan aset apa saja yang sekolah beli. Disdik memberikan pendampingan sebelum nanti mereka berhadapan dengan inspektorat dan tidak menutup kemungkinan nanti BPK,” tambahnya.

Arif berharap adanya keterbukaan dari sekolah, karena penggunaan BOS memakai sistem arkas , sehingga apa yang sekolah anggarkan sesuai dengan kebutuhannya itu bisa terealisasi walaupun ada beberapa kendala terkait belum pahamnya dalam penggunaan arkas.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Cipayung, Hj. Nurhayati memberikan tanggapan positif terhadap pembinaan yang dilakukan Disdik.

“Kegiatan ini juga jadi wadah kita berbenah diri, sudahkah SPJ kita benar atau tidak, pertama di periksa oleh dinas pendidikan dan keuangan lalu dilanjutkan oleh Inspektorat Daerah (Irda). Dengan ajang ini alhamdulillah nanti kalau ada SPJ yang masih kurang klop atau pas masih ada bimbingan, pembinaan, ada pengarahan dari bagian keuangan di dinas pendidikan,” ujarnya

“Dengan adanya kegiatan ini semoga SPJnya  semakin baik sehingga uang BOS yang diberikan oleh pemerintah dapat dipertanggung jawabkan dengan sebaik baiknya,” tutupnya. (agnes)

Baca juga

Tinggalkan Komentar