Swara Pendidika (Depok) — Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah, mengajak seluruh satuan pendidikan di Kota Depok — mulai dari kepala sekolah, guru, hingga tenaga administrasi — untuk menjadikan pengelolaan arsip sebagai bagian dari budaya kerja cerdas, tertib, dan profesional.
Menurutnya, sekolah yang tertib dalam pengelolaan arsip adalah sekolah yang siap tumbuh maju, berdaya saing, dan berorientasi pada pelayanan publik yang prima.
“Kami mengajak seluruh satuan pendidikan untuk mengelola arsip dengan baik dan benar sebagai bagian dari upaya memperkuat tata kelola administrasi pendidikan yang tertib, efektif, dan berdaya guna,” ujar Siti Chaerijah Aurijah dalam kegiatan Sosialisasi Penyusutan Arsip Sekolah di Aula Lantai 10 Gedung Dibaleka II, Senin (3/11/2025).
Siti menjelaskan, arsip bukan sekadar tumpukan dokumen, melainkan jejak perjalanan lembaga pendidikan yang memiliki nilai historis, administratif, dan akuntabilitas publik. Di dalamnya terdapat bukti dari setiap proses pengambilan keputusan, pelaksanaan program, hingga pertanggungjawaban kinerja sekolah.
“Penyusutan arsip bukan berarti menghapus sejarah, tetapi bagian dari upaya menjaga arsip agar tetap teratur, terpilah, dan bernilai guna,” terangnya.
Lebih lanjut, Siti menegaskan bahwa ketertiban dalam pengelolaan arsip akan membuat sekolah lebih siap menghadapi audit, evaluasi, maupun pengambilan keputusan berbasis data dan bukti autentik.
“Pendidikan modern menuntut sistem manajemen yang transparan dan akuntabel. Dalam konteks Perencanaan Berbasis Data (PBD) dan implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), pengelolaan arsip yang tertata rapi akan memperkuat integritas lembaga pendidikan kita,” tegasnya.
Selain itu, Siti juga menekankan pentingnya sinergi antara Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) dalam membangun budaya tertib arsip di setiap satuan pendidikan di Kota Depok.
Dengan demikian, ia berharap seluruh sekolah dapat menempatkan arsip sebagai bagian integral dari manajemen sekolah modern, bukan sekadar urusan administratif, tetapi fondasi penting bagi akuntabilitas dan kemajuan pendidikan. (Harlis)



