Beranda » Jabodetabek » Di Tangan Para Pelajar Al Syukro Universal, Limbah AC ‘Disulap’ Menjadi Sabun Bernilai Ekonomi

Di Tangan Para Pelajar Al Syukro Universal, Limbah AC ‘Disulap’ Menjadi Sabun Bernilai Ekonomi

by Redaksi
0 comment 145 Pembaca

Para siswa mempraktikan cara mengolah limbah AC menjadi sabun

Swara pendidikan.co.id (TANGERANG, BANTEN) – Air  Conditioner (AC) yang keberadaannya sering dipergunakan oleh sejumlah orang terutama di kota-kota besar, selain menyejukan ruangan, keberadaan Air Condotioner (AC) juga menambah ruangan menjadi nyaman tanpa pengaruh suhu udara panas di luar ruangan. Namun ada yang perlu diketahui AC menghasilkan air limbah yang ternyata dapat didaur ulang menjadi barang bernilai ekonomi.

Pengolahan air limbah dari AC berusaha diperkenalkan dan diproduksi oleh para pelajar dari SMP Islam Al Syukro Universal, melalui pendekatan pembelajaran kurikulum khas SMP Islam Alsyukro Universal adalah Problem Based Learning (PBL), dimana siswa distimulus untuk dapat memecahkan masalah dilingkungan sekitarnya.

Cici Kurniasih, Direktur Perguruan Islam Al Syukro Dompet Dhuafa mengatakan, Sebagai Sekolah Green School yang berupaya menjaga kelestarian alam dan lingkungan,  siswa SMP ini menyadari air buangan AC yang menetes ini terbuang percuma tiap harinya. Lantas para siswa-siswi pun mulai mencari literature terkait kandungan air buangan AC, mengumpulkan setetes demi tetes hingga terkumpul menjadi beberapa ember air buangan AC, hingga menjadi sebuah produk sabun dengan campuran limbah minyak jelantah rumah tangga.

“Sabun yang telah jadi dapat langsung digunakan untuk mencuci tangan dan perlengkapan perlengkapan di sekolah,” ujarnya Cici Kurniasih.

Dia menambahkan, kegiatan pengolahan air buangan AC ini dilakukan oleh para siswa kader adiwiyata. Siswa terpilih dari tiap jenjang yang memiliki jiwa kepedulian tinggi terhadap lingkungan dan pelestarian alam.

Berbagai kegiatan mengolah limbah menjadi produk bernilai ekonomis ini terus dilakukan dalam rangka membangun jiwa kepedulian tinggi terhadap lingkungan bagi segenap siswa/i Al Syukro Universal. ***

Tinggalkan Pesan

Artikel Terkait