Beranda » Edu Info » Damkar Depok Beri Mitigasi Kebakaran dan Bencana di SMK Assalamah

Damkar Depok Beri Mitigasi Kebakaran dan Bencana di SMK Assalamah

by Redaksi
0 comment 157 Pembaca

Kepala Dinas Kebakaran Kota Depok, Gandara Budiana

Swara Pendidikan.co.id (CIPAYUNG) – Guna meminimalisir terjadinya risiko serta dampak bencana, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok memberikan penyuluhan atau mitigasi kebakaran dan penanganan bencana kepada siswa-siswi SMK Assalamah, Cipayung Depok, Senin (16/09/19).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Gandara Budiana yang membuka acara tersebut mengatakan penyuluhan ini bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa tentang cara memadamkan api jika terjadi kebalakaran di lingkungan sekolah atau lingkungan tempat tinggalnya.

“Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran, mereka tahu apa yang mesti dilakukan,” ujar Gandara didampingi Camat Cipayung, Asep Rahmat.

Ditambahkan Camat Cipayung, Asep Rahmat bahwa sosialisasi ini penting, bagi anak-anak sekolah maupun masyarakat agar paham bagaimana menanggulangi bahaya kebakaran.

Apalagi kata Asep Rahmat, wilayah Cipayung merupakan wilayah yang padat penduduknya dan banyak jalan-jalan sempit yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

“Untuk itu perlu kerjasama dari segenap lapisan masyarakat, dukungan masyarakat sangat diharapkan karena penyebab kebakaran pada umumnya dari beberapa faktor kelalaian dan kurang kewaspadaan masyarakat itu sendiri,” terangnya.

Camat Asep juga mengimbau kepada warga Cipayung untuk menjaga sarana-prasarana yang mudah terbakar.

“Jaga instalasi listrik jangan sampai digunakan sembarangan, perhatikan saat di dapur. Periksa lagi apakah kompornya sudah dimatikan saat selesai memasak, dan jangan membakar sampah disembarang tempat,” tandasnya.

Kepala SMK Assalamah, Ahmad Syafrudin bersama petugas Damkar

Ditempat sama, Kepala SMK Assalamah, Ahmad Syafrudin mengapresiasi Damkar Kota Depok yang telah memberikan sosialisasi di sekolahnya.

“Kegiatan ini merupakan kerjasama Antara kelurahan Bojong Pondok Terong dengan SMK Assalamah,” ujar Kepala SMK Assalamah, Ahmad Syafrudin.

Dikatakan Ahmad Syafrudin, sosialisasi ini sangat penting karena disekolah ini juga banyak menggunakan alat-alat yang menggunakan aliran listrik.

“Siapa tahu hal ini juga bisa bermanfaat kepada mereka, setidaknya siswa mengetahui cara menangani seandainya ada kejadian di lingkungan sekitarnya. Karena secara garis besar sudah dipaparkan oleh pihak damkar cara memadamkan api baik dari skala kecil maupun skala besar,” pungkasnya. (gus)[espro-slider id=14341]

Tinggalkan Pesan

Artikel Terkait