“DAILY LITERACY”

by Redaksi
2 comments 630 Pembaca

Literasi

Wacana literasi massif digaungkan beberapa tahun belakangan ini. Apa sih pengertian literasi? Menurut saya, literasi adalah semua kegiatan atau aktivitas yang dilakukan untuk mendapatkan atau mempelajari ilmu pengetahuan, dimanapun dan kapanpun.

Literasi di Indonesia

“Tingkat literasi Indonesia pada penelitian di 70 negara itu berada di nomor 62,” kata Staf Ahli Menteri Dalam Negeri, Suhajar Diantoro dalam Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan tahun 2021 sebagaimana dilansir Utara Times dari laman https://utaratimes.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-1192540607/sambut-hari-aksara-internasional-2021-tingkat-literasi-indonesia-di-ranking-62-dari-70-negara

Tidak dapat dipungkiri bahwa minat membaca masyarakat Indonesia, khususnya pelajar masih rendah. Banyak faktor yang melatarbelakangi hal tersebut, beberapa diantaranya dikarenakan jumlah buku yang bagus secara fisik dan isi masih belum memadai, perpustakaan yang belum dikelola secara professional, sosialisasi tentang manfaat membaca yang mnim, dampak negatif dari penggunaan gawai yang berlebihan, dan lain-lain.

Daily Literasi

Kegiatan literasi adalah kegiatan berkesinambungan. Tidak cukup dilakukan hanya pada momen atau kegiatan tertentu. Oleh karena itu butuh perencanaan yang matang, pelaksanaan yang tepat sasaran dan evaluasi terus menerus-menerus, sehingga literasi dapat terinternalisasi dalam setiap kegiatan baik di sekolah maupun di masyarakat.

 Upaya Untuk Mengembangkan Literasi Di Dalam Kelas

Melihat kondisi tersebut, sebagai seorang guru tentu memiliki upaya untuk mengembangkan kemampuan literasi masyarakat Indonesia pada umumnya. Untuk mewujudkan hal tersebut tentu harus dimulai dari lingkungan terkecil dan terdekat, yaitu di dalam kelas. Berikut adalah upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan literasi pada siswa, khususnya pada siswa kelas rendah, yaitu siswa kelas 1-3.

1. Menghias Pojok Baca

Menghadirkan pojok baca yang eye catching akan menghadirkan keingin-tahuan tentang buku yang di display sehingga memancing siswa untuk membaca buku.

2.  Mengusung Tema Literasi Pada Beberapa Kegiatan Sekolah

Dalam Program Tahunan, terdapat beberapa kegiatan sekolah yang telah dijadwalkan, seperti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Puncak Tema, Tarhib Ramadhan, dan lain-lain. Mengusung tema literasi pada beberapa kegiatan sekolah tersebut dengan mendesain kegiatan yang menarik, menyenangkan dan interaktif akan memberikan pengalaman berkesan.

3.  Membuat Buku Cerita Sederhana

Tentu beda rasanya jika buku yang kita baca adalah hasil karya kita sendiri. Dengan melibatkan siswa pada kegiatan membuat buku cerita akan mengembangkan beberapa kemampuan siswa, diantaranya kemampuan menulis, mengarang bebas, dan kreativitas. Kegiatan yang dilakukan hampir sama dengan kegiatan jurnal, yaitu kegiatan menggambar bebas, hanya ditambah dengan deskripsi di bawah atau di atas gambar. Bahan untuk membuat buku cerita bervariasi mulai dari memanfaatkan kertas daur ulang, kertas bekas yang masih bisa bisa digunakan pada salah satu sisinya atau bahkan kertas samson atau duplex.

4. Mengembangkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas Rendah

Beberapa siswa masih memiliki kendala dalam mengembangkan kemampuan literasi, salah satunya kemampuan membaca kata/kalimat, kemampuan menulis, dan kemampuan memahami makna kata. Melakukan kegiatan mengenal kata dan kalimat melalui permainan dan media yang menarik dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi siswa dengan cara yang menyenangkan.

5. Mengadakan Program 1 Bulan Membaca 1 Buku

Siswa diberikan tugas untuk membaca minimal satu buku dalam satu bulan di rumah, kemudian menceritakan kembali isi buku yang sudah siswa baca melalui video dan mengirimkannya ke platform google classroom.

Upaya Untuk Mengembangkan Literasi di Masyarakat

Salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk berkontribusi dalam mengembangkan kemampuan literasi masyarakat adalah dengan membuat karya, dapat dalam bentuk buku, artikel, e-book, dan lain lain.

Perjuangan literasi di Indonesia masih panjang dan terus berlanjut, dan perjuangan ini butuh aku, kamu dan kita semua.***

 

Penulis : Siti Zubaidah ( SDIT Bahrul Fikri, Depok)
Bidang Studi : Tematik (Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, SBDP)

Tinggalkan Pesan

2 comments

Anonymous 15/01/2022 - 11:14 am

Terima kasih

Reply
Anonymous 27/02/2022 - 10:58 am

barokallaah bu zhu

Reply

Baca juga