ADVERTISEMENT
  • BERITA UTAMA
    • NASIONAL
    • Klik Pendidikan
    • Info Guru
  • PUBLIKASI SEKOLAH
    • SMA
    • SMK
    • MA
    • SMP
    • MTS
    • SD
    • MI/DINIYAH
    • PAUD/TK
  • PROFIL SEKOLAH
    • SMK
    • SMA
    • MA
    • SMP
    • MTS
    • SD
    • TK/PAUD
    • MI/DINIYAH
  • GURU MENULIS
    • Artikel
  • TIPS N TRIK
  • RUANG SASTRA
    • Cerpen
    • Puisi
  • ULASAN BUKU
    • BAHAN AJAR
    • BUKU UMUM
  • KISAH / CERITA INSPIRATIF
  • PRESTASI SISWA/SEKOLAH
Swara Pendidikan
  • Login
Tuesday, July 8, 2025
No Result
View All Result
No Result
View All Result
Swara Pendidikan
No Result
View All Result
ADVERTISEMENT

Belajar Seru dengan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing)

by Redaksi
27 December 2021
in GURU MENULIS
0
Belajar Seru dengan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing)
          

Penulis: Siti Zubaidah (Guru SDIT Bahrul Fikri,Depok. Bid. Studi Tematik)

 

Pembelajaran Jarak Jauh

BACA JUGA

Kebijakan Sekolah Rakyat: Wujud Negara Kesejahteraan dalam Arus Transformasi Sosial ala Prabowo

Efektivitas Parenting dalam Mendorong Penerapan Norma di Lingkungan Sekolah

Madrasah Cerdas Era Digital Dari Birokrasi ke Algoritma: Lompatan Cerdas Menuju Madrasah Masa Depan

Membangun Generasi CAKEP: Sinergi Karakter Unggul dan Kearifan Digital untuk Masa Depan Gemilang

Pandemi COVID-19 membawa banyak perubahan pada gaya belajar siswa maupun metode pembelajaran yang guru terapkan. Jika sebelum pandemi seorang guru dan siswa berada dalam ruangan yang sama dalam melakukan proses belajar mengajar, maka saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),  guru dan siswa berada dalam ruangan yang berbeda atau terpisah dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi dan media lainnya.

Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Suka atau tidak suka, siap atau tidak siap, pembelajaran daring harus dilalui. Perlu disadari bahwa ketidaksiapan guru dan siswa terhadap pembelajaran daring juga menjadi masalah. Perpindahan sistem belajar konvensional ke sistem daring terkesan cepat dan tanpa persiapan yang matang. Tapi semua ini harus tetap dilaksanakan agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan siswa aktif mengikuti walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19.

Kegagapan pembelajaran daring pada masa awal pandemi pun kami alami, seperti bagaimana menghadirkan model pembelajaran yang sesuai kebutuhan, minat dan gaya belajar siswa dengan kondisi siswa jauh dari jangkauan guru. Ditambah lagi siswa yang kami hadapi adalah siswa kelas 1 yang butuh touching, bonding dan chemistry dengan gurunya.

Pernah suatu waktu salah satu siswa merajuk karena namanya tidak juga dipanggil guru saat Zoom Meet padahal sang anak merasa sudah menyebutkan nama dengan lantang, bukan karena guru tersebut sengaja namun memang salah satu kelemahan teknologi adalah intonasi suara, raut wajah dan gerakan tubuh relatif sulit dipahami guru. Juga pernah ada kejadian siswa yang mengikuti Zoom Meet sampai tertidur.

Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing)

Melihat kondisi tersebut, kami memutar otak untuk menciptakan Pembelajaran Jarak Jauh yang aktif, kreatif, menarik, menyenangkan dan bermakna. Akhirnya kami memilih model pembelajaran bermain peran (role playing). Bertepatan pekan berikutnya kami sudah memasuki Tema 4 Sub Tema 3 Tentang “Keluarga Besarku.

Maka guru akan berperan sebagai salah satu anggota keluarga besar, yaitu nenek. Saat Zoom Meet dimulai, kamera belum dinyalakan, dan siswa pun bertanya-tanya mengapa kamera ibu guru tidak dinyalakan. Setelah selesai berdoa dan mulai masuk ke materi pembelajaran, guru menampakkan wajahnya yang sudah didandani seperti seorang nenek. Siswa pun tampak senang dan bersemangat mengikuti pembelajaran. Karena menampilkan tokoh nenek secara visual maka siswa menjadi mudah memahami konsep keluarga besar dan siapa saja yang termasuk anggota keluarga besar.

Memasuki tema baru atau akhir tema, untuk memberikan apersepsi ke siswa, kami pun menampilkan role playing (bermain peran). Misalnya pada Tema 6 “Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri”, Sub Tema 1 “Lingkungan Rumahku”, siswa diminta membawa perlengkapan kebersihan saat Zoom Meet dan pada hari berikutnya melalui LMS (Learning Manajement System), memberikan tugas tentang cara menjaga kebersihan lingkungan di rumah. Model pembelajaran ini kami nilai cukup efektif diterapkan pada siswa kelas rendah, karena karakteristik anak usia kelas rendah, yaitu kelas 1 – 3 masih memiliki kecenderungan belajar sesuatu yang konkrit, integratif, dan hierarkis.

1.  Konkrit

Siswa kelas rendah belajar dari apa yang dapat mereka lihat, dengar, raba dan dapat diotak atik.

2. Integratif

Siswa kelas rendah belajar sesuatu sebagai bagian yang utuh.

3. Hierarkis

Siswa kelas rendah belajar dari hal yang sederhana atau mudah ke hal yang sulit atau kompleks.

Menjadi guru di abad 21 adalah tantangan dimana kita harus berani bertanya, mencoba dan berkarya. Selamat bertanya, mencoba dan berkaya sahabat guru semua.***

 

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.
Jumlah Pembaca: 940

BeritaTerkait

Kebijakan Sekolah Rakyat: Wujud Negara Kesejahteraan dalam Arus Transformasi Sosial ala Prabowo
Artikel

Kebijakan Sekolah Rakyat: Wujud Negara Kesejahteraan dalam Arus Transformasi Sosial ala Prabowo

by Redaksi
23 June 2025
0
0

Dadan Zulkifli - Dosen Prodi Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan dan...

Read more
Efektivitas Parenting dalam Mendorong Penerapan Norma di Lingkungan Sekolah

Efektivitas Parenting dalam Mendorong Penerapan Norma di Lingkungan Sekolah

30 May 2025
0
Madrasah Cerdas Era Digital Dari Birokrasi ke Algoritma: Lompatan Cerdas Menuju Madrasah Masa Depan

Madrasah Cerdas Era Digital Dari Birokrasi ke Algoritma: Lompatan Cerdas Menuju Madrasah Masa Depan

27 May 2025
0

Membangun Generasi CAKEP: Sinergi Karakter Unggul dan Kearifan Digital untuk Masa Depan Gemilang

26 June 2025
0

Orang Tua Wajib Tahu: Ini Jalur SPMB SD Depok 2025 yang Harus Disiapkan

21 May 2025
0

Masalah Guru Honorer, Scene Horor Pendidikan di Bawah Kapitalisme

21 May 2025
0
Next Post
Pembelajaran HOTS B’Limbing Manis:   Jurus Jitu Pembelajaran di Masa Pandemi

Pembelajaran HOTS B’Limbing Manis: Jurus Jitu Pembelajaran di Masa Pandemi

ADVERTISEMENT
Swara Pendidikan

2025 © swarapendidikan.co.id

TENTANG KAMI

  • Disclaimer
  • KODE ETIK JURNALIS SWARA PENDIDIKAN
  • KODE ETIK JURNALISTIK
  • KONTAK IKLAN
  • LOKER
  • Redaksi
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Swara Pembaca
  • swarapendidikan.co.id
  • Tentang Kami

Follow Us

No Result
View All Result
  • Disclaimer
  • KODE ETIK JURNALIS SWARA PENDIDIKAN
  • KODE ETIK JURNALISTIK
    • KODE ETIK JURNALISTIK
  • KONTAK IKLAN
  • LOKER
  • Redaksi
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Swara Pembaca
  • swarapendidikan.co.id
  • Tentang Kami

2025 © swarapendidikan.co.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In