BAN S/M Provinsi Jawa Barat Adakan Rakorda II

by Redaksi
0 Komentar 156 Pembaca

Swarapendidikan (Bandung) – Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Provinsi Jawa Barat mengadakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) II Tahun 2023, dirangkai dengan Seminar dan Ekspose Hasil Akreditasi Tahun 2023 yang diikuti 54 sekolah/madrasah dari kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat, pada Selasa-Kamis (28-30 November 2023) di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung.

Rakorda II bertajuk “Optimalisasi Tindak Lanjut Hasil Akreditasi untuk Peningkatan Mutu Sekolah dan Madrasah”, dihadiri oleh Perwakilan BAN PDN Pusat, Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Provinsi I s.d. XIII, Kepala Dinas Pendidikan kab/kota se-Jawa Barat, Kepala Kantor Kemenag kab./kota se-Jawa Barat, Executive Vice President Telkom Regional III Jawa Barat; Koordinator Pelaksana Akreditasi (KPA) se-Jawa Barat serta kepala sekolah/madrasah peserta ekspose.

Ketua BAN-S/M Provinsi Jawa Barat, Drs. Totoh Santosa, M.M. dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan Rakorda II untuk menyampaikan hasil akreditasi dan rekomendasi serta diskusi strategi peningkatan mutu satuan pendidikan melalui tindak lanjut hasil akreditasi sekolah/madrasah.

Selain itu, Totoh menyampaikan kegiatan visitasi akreditasi tahun 2023 dan kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan sesuai target di tahun 2023.

“Di Jawa Barat, ada 4.068 sekolah/madrasah sasaran akreditasi dengan perolehan nilai A (59%), B (38%), C (3%), dan TT (<1%),” jelasnya

Tentunya, lanjut Totoh, ini patut diapresiasi dengan jumlah sekolah/madrasah dan asesor terbanyak di Indonesia dapat menuntaskan Visitasi Akreditasi 2023 dengan cepat dan hasil yang memuaskan.

 

Hal tersebut diakui oleh perwakilan dari BAN-PDM Pusat, Dr. Muhamad Yusro, S.Pd., M.T. Ia mengatakan bahwa BAN-S/M Provinsi Jawa Barat sudah melangkah lebih cepat dan merealisasikan semua rencana program di tahun 2023.

“Tentunya ini patut dicontoh oleh BAN-S/M dari provinsi lainnya,” ujarnya

Yusro juga menambahkan, kebijakan Akreditasi 2024 tak luput dari peranan/tugas Koordinator Pelaksana Akreditasi (KPA) di Rakorda II ini.

“KPA telah membantu BAN-S/M provinsi dalam mendukung pelaksanaan program akreditasi mulai dari persiapan, pelaksanaan maupun tindak lajut hasil akreditasi,” imbuhnya.

 

Sebagai informasi, dalam Seminar dan Ekspose Sekolah/Madrasah terbaik dari kota/kabupaten di Provinsi Jawa Barat disampaikan Berbagi praktik baik dari hasil akreditasi tahun 2023  sebagai salah satu langkah nyata untuk menunjukkan kepada masyarakat atas raihan predikat unggul di sekolah/madrasah dan mereka memang layak mendapatkan “Terakreditasi A”.

Selainnya dalam rangkaian Rakorda II, ada juga   pameran pendidikan dari 54 sekolah yang memperoleh nilai akreditasi terbaik dari perwakilan SD/MI, SMP/MTs., dan SMA/SMK/MA/MAK dari 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat. Serta dimeriahkan dengan pentas seni; paduan suara, tarian rampak, hadroh, angklung, dan silat.

( Oleh Dina Martha Tiraswati, M.Pd. Asesor BAN-S/MB dan KPA Kab. Bogor/NJ)

Baca juga

Tinggalkan Komentar