Beranda » PROFIL » Guru Bicara » Andas Suhenda : Sinergi Orang tua dan Sekolah Dorong Semangat Belajar Siswa

Andas Suhenda : Sinergi Orang tua dan Sekolah Dorong Semangat Belajar Siswa

by Redaksi
0 comment 539 Pembaca

Swara Pendidikan.co.id (Sawangan, Depok) – Peran orang tua sangat diperlukan dalam keberhasilan penyelenggaran pendidikan di sekolah. Orang tua merupakan salah satu elemen pendidikan yang harus turut ambil bagian sesuai peran dan tugas pokok dalam pencapaian tujuan sekolah. Orang tua harus bekerjasama dengan pihak sekolah untuk mendukung perkembangan kognitif, psikomotorik dan karakter anak dalam lingkungan sekolah.

Kerterbukaan sekolah untuk melibatkan orang tua dalam proses pendidikan di sekolah dapat diwujudkan lewat beragam aktivitas, seperti halnya yang dilakukan oleh Kepala SDN Sawangan 1, Andas Suhenda.

“Alhamdulillah, selama ini sinergi antara orang tua murid dengan pihak sekolah sudah cukup baik. Setiap ada kegiatan terkait peningkatan mutu pendidikan di sekolah ini, selalu direspon positif serta mendapat dukungan penuh seluruh orang tua murid. Ini yang membuat siswa nyaman dan lebih bersemangat untuk belajar,” ungkap Andas Suhenda yang baru beberapa bulan memimpin SDN Sawangan 1.

“Sebenarnya sinergi antara orang tua dan sekolah ini sudah berjalan sejak lama. Saya hanya melanjutkan, menjaga, dan merawat apa yang sudah berjalan ini bisa terus dipertahankan, sehingga mutu pendidikan di SDN Sawangan 1 ini juga terus meningkat,” ungkap Andas yang sebelumnya memimpin di SDN Pasir putih 3.

“Guru dan para orang tua siswa disini juga kompak. Ini yang membuat saya bersyukur dan juga berterimakasih kepada kepala sekolah sebelumnya,” ujar Andas.

Andas sendiri mengaku saat dipercaya memimpin SDN Sawangan 1 yang merupakan sekolah SDN tertua di Sawangan, merupakan sebuah tantangan tersendiri buatnya. Sebab tuturnya, sekolah yang terbilang megah dengan halaman yang luas dengan 24 rombongan belajar (rombel) diatas gedung 3 lantai, 761 siswa, serta 24 tenaga pendidikan ditambah dua orang guru agama, dan satu orang guru olahraga. Harus memberikan dampak positif terhadap perkembangan pendidikan siswa. Dan ini tentunya penting untuk melibatkan peran serta orang tua.

Ketika sekolah dan orang tua bekerja bersama, ujar Andas, siswa pasti memiliki kesempatan jauh lebih baik. Tidak hanya sukses di sekolah tetapi juga sukses dalam kehidupan. Karena itu, kunci dari kemitraan sekolah dan orang tua, adalah dengan membangun 3R: yakni Respect (rasa hormat), Responsibility (tanggung jawab), dan Relationship (hubungan).

“Itu kunci utama yang saya bangun di sekolah ini.  Ini juga upaya kami melanjutkan kemitraan yang selama ini sudah dibangun dengan baik oleh ibu Ayunah yang sekarang memimpin SDN Sawangan 4,” papar Andas.

“Makanya ketika saya sosialisasikan kerja bakti, perawatan jalan lingkungan sekolah, alhamdulillah semua merespon positif dan mendukung program-program kami. Alhamdulillah sekarang, jalannya juga sudah mulai bagus. Insya Alloh kedepan, kami akan terus tingkatkan mutu dan layanan pendidikan di SDN Sawangan 1 sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM), dengan melibatkan SDM yang ada dan juga orang tua siswa tentunya,” tutur Kepala SDN Sawangan 1, Andas Suhenda. (agus)

Berikut foto kegiatan perawatan jalan di SDN Sawangan 1

Tinggalkan Pesan

Artikel Terkait