50 Calon Anggota Muda Ikuti OKK PWI Kota Depok

by Redaksi
0 Komentar 208 Pembaca

SWARA PENDIDIKAN (DEPOK) — Puluhan calon anggota muda Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat dari berbagai media mengikuti Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK), Jumat (26/08/22).

OKK diselenggarakan oleh PWI Kota Depok di gedung Ayodya Pala, Jalan Melati Raya nomor 7A, Panmas Depok. Dibuka oleh Asisten Daerah (Asda) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Nina Suzana dan dihadiri Sekretaris Umum (Sekum) PWI Provinsi Jabar, Tantan S Bhukawan.

Asda Pemkot Depok, Nina Suzana

Dalam sambutannya, Asda Pemkot Depok, Nina Suzana memberikan apresiasi. Dia berharap OKK ini menjadi terobosan bagi organisasi PWI Kota Depok untuk pembenahan para wartawan agar kompeten.

“Kami sangat apresiasi dengan adanya OKK PWI dan diharapkan mampu menyampaikan informasikan yang benar dan baik kepada masyarakat, tanpa menghilangkan fungsi kontrol tentunya,” ujar Nina Suzana.

Tempat yang sama, Sekum PWI Provinsi Jabar, Tantan S Bhukawan, juga memberikan apresiasi kepada PWI Kota Depok yang dinilai mampu menyelenggarakan OKK yang diikuti wartawan dari sejumlah daerah di Jawa Barat.

“Saya lihat dari datanya, ada yang dari Sukabumi, Bogor, Bekasi, Depok. Dari Jakarta, saya cek juga ada. Dan ini tentunya menjadi kebanggaan kami. Karena di era digitalisasi memang menjadi kewajiban setiap wartawan untuk menjadi anggota organisasi yang tergabung dalam Dewan Pers,” terang Tantan.

Sekum PWI Provinsi Jabar, Tantan S Bhukawan

Tantan menyebut PWI merupakan organisasi profesi wartawan yang pertama di Indonesia dan sudah berdiri sejak 1946. Dengan jumlah anggota paling banyak.

“Dari catatan kami saat ini ada disekira 25 ribu anggota. di PWI Jabar sendiri ada 1.200 wartawan,” rincinya.

Sementara itu, Wakil Ketua II PWI Kota Depok Hendrik Raseukiy, dalam laporannya menyebut, peserta yang mengikuti OKK PWI Kota Depok 2022 sebanyak 50 wartawan.

“Saat ini sudah keharusan wartawan menjadi anggota organisasi profesi wartawan yang menjadi konstituen Dewan Pers. Ada 6 organisasi pers yang resmi, salah satunya PWI,” sebutnya.

Hendrik Raseukiy mengatakan, tujuan OKK ini, agar para wartawan dapat mengetahui bagaimana kode etik kewartawanan dan keorganisasian sesuai dengan amanat UU Pers 40 tahun 1999.

“Artinya, ketika menjadi anggota PWI kita juga harus mampu menjaga marwah organisasi. Setelah ikut OKK, wartawan akan lebih mudah untuk ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Dewan Pers. Jangan mengaku wartawan kalau belum ikut OKK dan UKW Dewan Pers,” tandasnya. (gus)

Baca juga

Tinggalkan Komentar