Home / Berita Pilihan / UPT Pendidikan SD Kec. Sukmajaya Perkenalkan Sistem Aplikasi Bakat Minat dan Prestasi Olahraga (SIAP BAKMINPOR) Berbasis Microsoft Access
klik disini
  • Sistem Aplikasi Bakat Minat dan Prestasi Olahraga (SIAP BAKMINPOR)

  • Kepala UPT Pendidikan SD Sukmajaya, Abdul Mutolib Perkenalkan Sistem Aplikasi Bakat Minat dan Prestasi Olahraga (SIAP BAKMINPOR) Berbasis Microsoft Access

  • Dukungan KONI Kota Depok

  • Dukungan Diskominfo Kota Depok

  • Dukungan Dispora Kota Depok

UPT Pendidikan SD Kec. Sukmajaya Perkenalkan Sistem Aplikasi Bakat Minat dan Prestasi Olahraga (SIAP BAKMINPOR) Berbasis Microsoft Access

Swara Pendidikan.co.id (SUKMAJAYA) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan SD Kec. Sukmajaya Perkenalkan Sistem Aplikasi Bakat Minat dan Prestasi Olahraga (SIAP BAKMINPOR). Aplikasi berbasis Microsoft access ini juga sudah disosialisasikan kepada Kepala Sekolah dan guru olahraga se wilayah Sukmajaya di aula kantor UPT Pendidikan SD Kec. Sukmajaya beberapa waktu lalu.

Menurut pembuat aplikasi SIAP BAKMINPOR, Abdul Mutolib yang juga Kepala UPT Pendidikan SD Kecamatan Sukmajaya. Sistem Aplikasi Bakat Minat dan Prestasi Olahraga (SIAP BAKMINPOR) berbasis Microsoft access ini dilatar belakangi semakin cepatnya perkembangan dunia digital yang menuntut banyak perubahan dan penyesuaian di semua bidang termasuk Pendidikan.

“Ini yang mendorong saya membuat aplikasi di microsoft access,” ujar Abu sapaan akrabnya yang jumpai awak swarapendidikan.co.id diruang kantornya kemarin.

Selain itu, jelas Abu lagi, proyek ini dibuat sebagai Upaya untuk mendukung terwujudnya Kota Depok sebagai smart city.  Juga syarat wajib dalam mengikuti Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) IV  angkatan 1 bagi pejabat struktural dilingkungan pemerintahan Kota Depok yang saat ini sedang djalaninya.

Lebih jauh Abu menjelaskan kelebihan Sistem Aplikasi Bakat Minat dan Prestasi Olahraga (SIAP BAKMINPOR) berbasis Microsoft access ini memuat data peserta didik yang terkait dengan bakat minat dan prestasi olahraga sebagai hasil capaian peserta didik dari berbagai lomba yang digelar oleh dinas pendidikan atau lembaga-lembaga lainnya.

Manfaat lain dari aplikasi ini, paparnya. “Untuk sekolah menjadi sumber data bagi sekolah yang bersangkutan terkait bakat, minat dan prestasi olahraga disekolah tersebut dan  bisa dimanfaatkan untuk pembinaan oleh guru olahraga yang ada disekolah. Juga bisa menjadi bahan bagi sekolah untuk melakukan pembinaan bagi peserta didik yang akan mengikuti kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) disekolahnya, baik untuk seleksi tingkat Kecamatan, seleksi tingkat Kota dan seterusnya,” papar Abu.

Bagi Dinas Pendidikan, lanjut dia.  Aplikasi ini bermanfaat sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan dibidang Pendidikan secara efektif dan efesien juga bisa dijadikan sumber bagi masyarakat yang ingin mengetahui bakat minat dan prestasi olahraga peserta didik secara online. Dan  bagi UPT Pendidikan sendiri, pihak UPT memiliki basis data dari peserta didik yang terkait dengan bakat dan minatnya dibidang olahraga diseluruh sekolah yang ada diwilayahnya.

“Alhamdulillah  Sistem Aplikasi Bakat Minat dan Prestasi Olahraga (SIAP BAKMINPOR) berbasis Microsoft access ini sudah mulai diterapkan di sebelas Sekolah Dasar di UPT Pendidikan Sukmajaya. Antara lain, SDN Sukmajaya 1, SDN Sukmajaya 1 dan 5, SDN Cikumpa, SDN Cipayung, SDIT Rahmaniyah, SDIF Al Fikri, SDIT Bina Insan Kamil, SDIT Bina Insani, SDS Penabur, dan SDS Karakter Bangsa,” terang Abu.

Kepala UPT Pendidikan SD Kecamatan Sukmajaya yang banyak memiliki segudang inovasi dibidang Pendidikan mengaku bersyukur proyek  SIAP BAKMINPOR ini mendapat apresiasi dan dukungan dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Dinas Informasi dan Komunikasi Kota Depok, Dispora Kota Depok, KONI Kota Depok, serta stakeholder lainnya juga Kepala Sekolah, guru olahraga , pengawas, serta pengurus PGRI Kecamatan Sukmajaya. Pasalnya Sistem Aplikasi Bakat Minat dan Prestasi Olahraga (SIAP BAKMINPOR) berbasis Microsoft access ini baru UPT Pendidikan SD Sukmajaya saja yang meluncurkan program ini.

Abu juga mengaku setelah program ini berjalan lancar, dirinya akan membuat aplikasi-aplikasi lain yang sejenis yang akan dipersembahkan bagi kemajuan dunia Pendidikan di Kota Depok, khususnya diwilayah Sukmajaya.

“Semoga dengan digulirkan Sistem Aplikasi Bakat Minat dan Prestasi Olahraga (SIAP BAKMINPOR) ini memberikan dampak dan manfaat yang besar bagi pembinaan atlet-atlet muda yang berbakat, baik dilingkungan kecamatan Sukmajaya maupun diwilayah Kota Depok,”  harap Abu. (gus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.