Home / Berita Pilihan / Universitas Pertahanan Gelar Parade Cinta Tanah Air Ke – 2 Tahun 2017
  • Parade Cinta Tanah Air Ke - 2 di Universitas Pertahanan, Sentul

    Foto bersama Purek 1 dan Kepala BP3 Wilayah 1 Bogor

  • Purek 1 Bidang Akademik Kemahasiswaan, Prof Dr Gunawan

  • Kepala BP3 Wilayah 1 Bogor memberi semangat kepada peserta lomba

  • Peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah

  • Peserta Lomba Pidato

Universitas Pertahanan Gelar Parade Cinta Tanah Air Ke – 2 Tahun 2017

Swara    Pendidikan.co.id (BOGOR) – Untuk kedua kalinya Universitas Pertahanan, Sentul Bogor menggelar Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tahun 2017  untuk  tingkat SMA, SMK, dan MA se wilayah 1 Bogor diaula serba guna kampus  bela negara Universitas Pertahanan Nasional Intergritas Identitas. Kamis (27/07/17).

Kegiatan yang berisi lomba Pidato dan Karya Tulis Ilmiah ini dibuka dan dihadiri Purek (pembantu Rektor) 1 Bidang Kemahasiswaan, Prof Dr Dadang Gunawan, Kepala BP3 Wilayah 1 Bogor, Ir Herry Pansila Prabowo, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Univeristas Pertahanan (Unhan), Rudi Laksmono, Ketua MKKS SMA Kab Bogor, Dr Bambang Supriyadi, Dosen Unhan serta para peserta lomba.

Dalam sambutan Rektor Unhan Letjen TNI Dr I Wayan Midhio yang dibacakan oleh Purek 1 Bidang Kemahasiswaan, Prof Dr Dadang Gunawan mengatakan bahwa kegiatan PCTA ini bertujuan meningkatkan kemampuan para pelajar dalam menuangkan pemikiran sesuai standar penulisan ilmiah.

“Lomba pidato dan karya tulis ilmiah bela negara pada program PCTA diselenggarakan agar generasi muda kita sebagai penerus bangsa punya bekal kemampuan dan pemahaman penting karakter bangsa dan bela negara,” katanya.

Dan yang tak kalah penting lainnya, lanjutnya, PCTA ini juga untuk mencapai tumbuhnya rasa cinta tanah air, semangat bela negara, rasa kebersamaan, kekeluargaan, persatuan, dan kesatuan bangsa bagi generasi penerus.

Sementara itu, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Univeristas Pertahanan (Unhan) Rudi Laksmono menjelaskan, PCTA merupakan bentuk nyata tugas Unhan dalam menyebarkan paham cinta tanah air melalui bela negara kepada generasi muda khususnya dikalangan pelajar.

“Bela negara ini harus dimulai dari generasi muda SLTA. PCTA yang kedua kalinya ini diharapkan bisa menularkan rasa nasionalisme melalui lomba pidato dan karya tulis serta dapat menangkal paham radikal,” ujar Kepala LPPM Unhan, Rudi Laksmono.

“Jadi paham radikal ini bisa dihadang sejak dini dikalangan generasi muda melalui kegiatan parade cinta tanah air seperti ini. Jangan sampai mereka dimasuki paham-paham itu (radikal). Karena itu kita harus beri pemahaman pentingnya memupuk rasa nasionalisme dan cita tanah air. Inilah yang menjadi tugas kita khususnya Unhan kepada generasi muda,” sambung Rudi.

Ditempat sama, Kepala BP3 Wilayah 1 Bogor, Ir Herry Pansila Prabowo mewakili Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pimpinan Univeristas Pertahanan (Unhan) yang telah menggelar kegiatan positif ini khususnya dikalangan pelajar, pasalnya menurut Herry, pemahaman radikal sangat mudah disusupi dikalangan pelajar.

“Karena itu dengan adanya program PCTA ini diharapkan generasi muda Indonesia yang nanti akan menjadi calon pemimpin bangsa perlu dibekali nilai-nilai kebangsaan yang sejalan dengan cita-cita dan dasar konstitusi negara yang berazaskan Pancasila,” tandasnya. (Harlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published.