Home / Berita Pilihan / TP PKK RW 18 Kel. Mekarjaya Gelar Pembinaan Dasawisma
klik disini

TP PKK RW 18 Kel. Mekarjaya Gelar Pembinaan Dasawisma

Pengurus PKK RW 18 Kel. Mekarjaya

Swara Pendidikan.co.id (DEPOK)  – Pengurus dan Kader PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) RW 18 Kel. Mekarjaya, Kec. Sukmajaya Depok mengikuti  pembinaan dan pelatihan Dasawisma yang dilaksanakan di Posyandu Seroja, RW 18.  Kamis (29/03/18)

Ketua TP PKK RW 18, Hj. Tukinem yang akrab disapa Bude mengatakan, Dasawisma merupakan program pembinaan terhadap warga yang dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil. “Minimalnya 10 – 20 Kepala Keluarga (KK) oleh satu kader PKK di wilayah tersebut,” ujar Bude.

“Salah satu tugas mereka adalah melakukan pendataan dan profil warga. Di antaranya, kehamilan, lansia, penyakit, jumlah keluarga, atau kegiatan pemberdayaan di rumah tersebut, seraya mencatat temuan dan permasalahan warga agar dapat dicarikan solusinya bersama,” paparnya.

salah satu kegiatan. PKK untuk para Lansia

Ketua TP-PKK RW 18, Kel. Mekarjaya itu menjelaskan, Dasawisma merupakan kepanjangan tangan TP – PKK Kelurahan dan Kecamatan. “Selain berperan dalam mevalidkan data di tingkat RT, juga meringankan tugas RW, Lurah,  Camat, dan Walikota, inilah satu diantara kontribusi PKK kepada masyarakat,” akunya.

Bude juga bersyukur, meski harus mengeluarkan dana dari kantong pribadi dan swadaya dari anggota. Kegiatan ini berjalan lancar, dan pesertanya juga bersemangat.

Diakui Bude, selama menjabat Ketua PKK tiga periode, belum pernah ada bantuan dana dari pemerintah kota Depok untuk pengembangan dan pembinaan serta peningkatan kinerja PKK di tingkat RT dan RW. Lain halnya dengan Posyandu dan Posbindu yang mendapat bantuan dana.

“Sebagai Ketua TP PKK, saya harus putar otak. Bagaimana agar kegiatan PKK tetap berjalan dan para kader tetap semangat dalam menjalankan tugasnya. Sebab mereka dituntut harus mampu memberikan kontribusi terbaik demi terselesaikannya pendataan warga. Padahal, Dasawisma juga kader PKK terdepan yang tugasnya cukup berat,” ungkap Bude.

Bude yang tidak bisa menolak permintaan warganya untuk tetap menjadi Ketua RT 06/18 untuk ke 7 kalinya berharap kedepannya ada perhatian dari pemkot Depok terkait alokasi dana untuk pengembangan dan pembinaan-pembinaan, serta bintek dalam peningkatan kinerja PKK di tingkat RT dan RW.

“Mohon doakan ya, semoga Bude tetap diberikan kesehatan, kekuatan, tabah, dan amanah menjalankan tugas ini. Semoga,” Aamiin.  (gus)

Ketua TP PKK RW 18, Hj. Tukinem bersama pengurus dan kader PKK

Leave a Reply

Your email address will not be published.