Home / Berita Pilihan / Thamrin; 5 Dasar Penguatan Pendidikan Karakter
klik disini

Thamrin; 5 Dasar Penguatan Pendidikan Karakter

Swara Pendidikan.co.id – (Depok)

Pentingnya penguatan pendidikan karakter (PPK) untuk dilaksanakan disetiap satuan pendidikan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan  dalam implementasi pembiasaan disekolah,” hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan kota Depok Mohammad Thamrin usai launching penguatan pendidikan karakter kepada wartawan SP yang dihelat diaula SMPIT Ummul Quro Jumat (29/9)

Menurut Thamrin dari banyaknya variable karakter dirumuskan menjadi 5 nilai – nilai dasar dalam penguatan pendidikan karakter diantaranya, religius,nasionalis,gotong royong,integritas dan kemandirian.

“Nilai – nilai karakter tersebut bukan hal yang baru, namun menjadi pola pembiasaan yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari – hari dilingkungan sekolah dan akan terbiasa pula dilingkungan rumah,”ujar Kadisdik.

Ia juga mencontohkan bagi umat Islam salah satu kegiatan religius semisal sholat dhuha dan hapalan Al – Quran disebahagian sekolah sudah diterapkan, dan disekolahan lain ada juga yang belum. Begitupun bagi agama yang lain kegiatan rutin religinya dapat dilakukan disekolah,”contoh Thamrin.

Ia berharap program PPK dapat diukur dengan adanya sikap dan kepribadian siswa dalam melakukan kebiasaan yang ditunjang oleh guru – gurunya,”harap Kadisdik.

Tempat yang sama Kepala SMPN 18 Iskandar Shaleh yang menjadi salah satu sekolah piloting mengatakan, kegiatan PPK dilaksanakan dilingkungan sekolah dan akan dievaluasi pada akhir Desember 2017.

“Dari 6 sekolah piloting PPK diantaranya SMPN 18,SMP Putra Bangsa, SMPIT Ummul Quro ,SMPIT Nurul Fikri, SMP Dian Didaktika, dan SMP Al Hamidiyah yang akan diikuti masing – masing 5 sekolah imbas dan nantinya secara bertahap dapat diikuti sekolah lainnya,”terang Iskandar.

“Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter memang dilakukan secara massif dan sistematis,karena membangun karakter bangsa yang kedepannya lebih baik lagi,”pungkas Kepala SMPN 18.

Sementara itu kegiatan launching PPK diikuti puluhan kepala sekolah dan guru terdiri dari 6 sekolah piloting dan 30 sekolah imbas, masing – masing kelebihan sekolah akan bertukar pengalaman dan menerapkan penguatan pendidikan karakter dan dirumuskan dalam kegiatan sekolah yang langsung dipandu dari Kemendibud sebagai narasumber.(Syahrul)

Leave a Reply

Your email address will not be published.