Home / Berita Pilihan / Sosialisasi Sadar Arsip di SMPN 16
klik disini

Sosialisasi Sadar Arsip di SMPN 16

Swara Pendidikan.co.id – (Tapos)

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menggelar sosialisasi sadar arsip yang dihelat diSMPN16 bertujuan pengenalan arsip dan pengelolaannya baik dilakukan secara individu dan kelembagaan agar tertata rapi,hal itu disampaikan Kasie Pembinaan Arsip Jumait disela kesibukannya sebelum sosialisasi dimulai diaula SMPN 16 Senin (11/9).

“Gerakan sadar arsip merupakan program yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan baik dilingkungan pendidikan maupun di instansi yang lain baik secara individu serta secara kelembagaan,”ucap Jumait.

Menurutnya kearsipan selain menyusun dokumentasi juga memberikan data perkembangan sejarah, karena itu harus dimulai dari individu secara tertib penyimpanan arsip dan akan berkembang secara dikelembagaan dengan penataan yang lebih baik.

Ia mencontohkan data kearsipan sekolah dari awal berdiri dan perkembangannya saat ini memiliki peran penting untuk dikenang dan akan memberikan spirit. “Poto sekolah beserta guru dari awal dan berbagai kegiatan yang melibatkan siswa akan mengingatkan upaya lingkungan pendidikan dalam memperjuangkan kemajuan sekolah,”contohnya.

Kasie Pembinaan Arsip juga menandaskan gerakan sadar arsip dan pengelolaannya dapat dipahami untuk kepentingan masa depan dan terkait kesejarahan,”bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya,karena itu tertib kearsipan menjadi penting,”tandas Jumait.

Tampak hadir dalam sosialisasi Kasie Jasa Kearsipan Ratman dan Kepala SMPN 16 serta para guru dan TU SMPN 16 sebagai peserta sosialisasi sadar arsip.(Syahrul)

Leave a Reply

Your email address will not be published.